oleh

11 Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki

SmartNews – Salah satu cerita yang banyak berkembang di masyarakat mengenai kehamilan adalah apabila seorang wanita mengandung anak laki-laki, tubuhnya akan menunjukkan tanda-tanda khusus.

Lantas, bagaimana dunia medis melihat berkembangnya cerita mengenai ciri ciri hamil anak laki laki ini?

Adakah Ciri Ciri Hamil Anak Laki Laki?

Sebelum menjelaskan mengenai ada atau tidaknya ciri hamil anak laki laki, memprediksi jenis kelamin janin adalah salah satu aspek kehamilan yang mendebarkan bagi pasangan. Kondisi inilah yang kemudian membuat banyak cerita-cerita unik soal kehamilan seperti menentukan apakah janin berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Terdapat beragam mitos mengenai ciri ciri hamil anak laki laki yang beredar di masyarakat, di antaranya:

1. Posisi janin terletak di atas

Ciri ciri hamil anak laki laki ini banyak dipercaya oleh banyak ibu hamil. Cerita yang beredar mengatakan jika janin berada di perut bagian atas, maka besar kemungkinan janin memiliki kelamin laki-laki. Namun, klaim terhadap hal ini tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Faktor-faktor yang menentukan bentuk dan ukuran benjolan saat hamil meliputi ukuran janin dan posisinya. Jika punggung bayi sejajar dengan punggung ibu, benjolan saat kehamilan cenderung rata.

2. Bentuk perut lancip

Cerita lain mengenai ciri hamil bayi laki laki berikutnya adalah seorang wanita memiliki bentuk perut yang lancip. Cerita tersebut mengatakan apabila bentuk perut terlihat lancip ke atas, maka kemungkinan janin berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan jika perut terlihat besar dan bulat, kemungkinan janin itu perempuan.

Seperti penjelasan sebelumnya mengenai posisi janin, pada dasarnya ciri ciri hamil anak laki laki terkait bentuk perut adalah sesuatu yang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Jenis kelamin tidak mungkin menentukan tampilan perut ibu hamil. Tampilan perut setiap orang berbeda tergantung jenis tubuh ibu dan tahap kehamilan.

3. Malas merawat dan membersihkan diri

Dalam beberapa tradisi, kebiasaan malas merawat diri sering dianggap sebagai tanda bahwa janin memiliki jenis kelamin laki-laki. Faktanya, kebiasaaan diri seseorang tidak memengaruhi jenis kelamin anak.

Selain malas merawat diri, cerita lain mengenai ciri ciri hamil anak laki laki yang beredar adalah membuat ibu hamil mudah lesu.

4. Selalu ingin makanan asin dan gurih

Sebagian wanita hamil biasanya mengalami ngidam berupa makanan maupun keinginan lainnya. Banyak cerita yang beredar mengatakan bahwa ciri hamil anak laki terlihat dari ibu ngidam makanan asin atau asam. Padahal, hingga kini belum ada bukti yang mengaitkan antara ngidam dengan jenis kelamin janin. Anda tak perlu khawatir, ibu hamil bisa mengidamkan berbagai jenis makanan.

5. Gerakan yang lebih agresif

Banyak orang mengatakan ciri hamil anak laki laki terlihat dari janin yang bergerak lebih aktif. Bahkan, ibu hamil bisa merasakan nyeri akibat tendangan janin dalam rahim. Padahal, tingkat keaktifan janin bukanlah patokan utama untuk menentukkan jenis kelamin.

6. Munculnya morning sickness

Ciri ciri hamil anak laki laki ini banyak dipercaya dikalangan wanita. Apabila ibu hamil jarang mengalami mual dan muntah, hal itu menandakan bahwa Anda mengandung anak laki-laki. Padahal, baik janin laki-laki atau perempuan, kehamilan pasti akan membuat seorang wanita mengalami morning sickness.

7. Warna urine

Cerita unik lainnya yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa, jenis kelamin janin bisa terlihat dari warna urine ibu hamil. Tentu, ciri ciri hamil anak laki laki terkait dengan warna urine adalah argumen yang tidak tepat. Warna urine sendiri ditentukan dari apa yang dikonsumsi dan tingkat kecukupan konsumsi air.

8. Bulu kaki

Ciri ciri hamil anak laki laki terlihat dari bulu kaki ibu hamil yang tumbuh dengan cepat, bagaimana dunia medis melihat ini? Tentu, hal ini adalah analisis yang tidak tepat karena janin tidak membuat hormon yang cukup hingga berdampak pada pertumbuhan bulu.

9. Detak jantung janin

Salah satu ciri ciri hamil anak laki laki yang masih banyak dipercaya adalah terkait dengan denyut jantung janin. Mitos yang beredar mengatakan, janin yang denyut jantungnya kurang dari 140 denyut per menit (BPM), menandakan janin adalah berjenis kelamin laki-laki.

10. Mood swing

Mitos lain dari ciri hamil anak laki laki mengatakan, seorang wanita yang mengandung anak laki-laki tidak mengalami perubahan suasana hati selama masa kehamilan. Sementara perempuan yang mengalami perubahan suasana hati diprediksi mengandung anak perempuan.

Padahal, semua wanita yang sedang hamil–tak terkait dengan jenis kelamin–umumnya akan mengalami perubahan suasana hati terutama selama trimester pertama dan ketiga. Kondisi yang bisa memengaruhi suasana hati seperti stres fisik, kondisi hormon dan faktor-faktor lain.

11. Kondisi kulit dan rambut

Ciri ciri hamil anak laki laki ini sering kali dituturkan oleh para orang tua. Cerita tersebut mengatakan bahwa, seorang wanita yang hamil anak perempuan maka kulit dan rambutnya akan terlihat kusam, serta muncul jerawat. Sedangkan, jika mengandung anak laki-laki tidak banyak perubahan yang terjadi.

Padahal, perubahan hormon adalah sesuatu yang umum terjadi pada setiap ibu hamil–terlepas jenis kelamin janin yang dikandungnya. Perubahan hormon memengaruhi setiap orang secara berbeda, dan kondisi ini bisa memengaruhi kondisi kulit dan rambut ibu hamil.

Pada akhirnya, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang mendukung ciri ciri hamil anak laki laki seperti di atas. Guna mengetahui jenis kelamin janin, sebaiknya ibu hamil melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Tak perlu khawatir mengenai jenis kelamin buah hati Anda, karena semua itu ditentukan sejak poses pembuahan atau saat sperma bertemu dengan telur.

Sumber: doktersehat.com

Loading...

Komentar