3 Manfaat Berjalan di Atas Pasir Pantai

  • Whatsapp
Ilustrasi Berjalan di Pantai. (Foto: Pixabay)

SmartNews – Cukup banyak orang yang menikmati liburan di pantai bila sedang liburan. Jika anda termasuk, maka jangan ragu untuk segera ke tepian laut dan melakukan olahraga layaknya berjalan atau berlari di atas pasir pantai.

Menurut pakar kesehatan, ada cukup banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari berjalan di atas pantai.
Membakar kalori lebih banyak

Berbeda dengan berjalan di atas tanah atau di permukaan yang cenderung lebih keras, berjalan di atas pasir pantai akan membuat kaki kita sedikit tenggelam ke dalam pasir tersebut. Sehingga tanpa disadari, hal ini ternyata akan membuat kita membutuhkan lebih banyak energi untuk berjalan sehingga kita pun akan membakar kalori lebih banyak.

1.Membuat kaki menjadi lebih kuat

Tak hanya membutuhkan energi yang lebih banyak saat berjalan di atas pasir yang lembut, kita juga harus menghadapi angin yang cukup kencang khas pantai. Kita pun harus bergerak dengan lebih lincah agar bisa bergerak dan hal ini akan berimbas pada kaki yang jauh lebih kuat.

Selain itu, saat kita berjalan di atas pasir pantai, jari-jari kaki cenderung lebih erat menggenggam pasir, sehingga hal ini akan berimbas positif bagi kekuatan dan kesehatan betis kita.

2.Menurunkan resiko cedera

Ketika berjalan di atas pasir pantai, tubuh akan menjaga keseimbangan dengan lebih baik sehingga akan membuat otot-otot dan persendian menjadi lebih stabil.

Berjalan di atas pasir juga akan menurunkan resiko terjatuh atau tersandung. Andaipun kita terpeleset, kita hanya akan terjatuh pada permukaan pasir yang lembut sehingga kita pun tidak mudah terluka atau terkena cedera.

3.Menghilangkan stress

Berbeda dengan berjalan kaki di sekitar area perumahan, berjalan kaki di pantai ternyata bisa membuat suasana hati kita semakin membaik. Angin semilir khas pantai dan udara laut yang segar ternyata bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang sehingga kita pun akan menghilangkan stress dengan mudah.

Sumber: doktersehat.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *