Penyu Ini Nyaris Jadi Tambul di Kedai Tuak

  • Whatsapp
Penyu yang Berhasil Diselamatkan oleh Personel Polres Sibolga Bripka Hadi Sitanggang. (Foto: dok-istimewa)

SmartNews, Sibolga – Seekor penyu yang tertangkap nelayan saat hendak bertelur di pantai Pulau Poncan, Kota Sibolga, Sumatera Utara berhasil dilepas kembali ke habitatnya, Minggu (1/9/2019).

Sebelumnya, penyu sisik dewasa itu nyaris menjadi tambul (makanan) di salah satu kedai tuak di Poriaha, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Bacaan Lainnya

Upaya penyelamatan itu bermula dari informasi masyarakat yang diterima oleh Bripka Hadi Sitanggang, personel Polres Kota Sibolga. Setelah berkoordinasi dengan pihak Kapos Polisi Poriaha, Lanal Sibolga dan Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab), mereka melakukan pencarian.

“Penyu ini awalnya ditangkap oleh dua orang nelayan, Md (43) dan Nn (45). Karena ini hewan dilindungi, kami melakukan pencegahan,” ujar Kapolres Sibolga AKBP Edwin H Hariandja melalui Kasubbag Humas Iptu R Sormin, dalam keterangan tertulis, Senin (2/9/2019).

Foto: Bripka Hadi Sitanggang menunjukkan seekor penyu sisik dewasa yang berhasil diselamatkan. (Foto: dok-istimewa)

Penyu itu kemudian ditemukan di tengah perjalanan menuju kedai tuak. Dibawa menggunakan becak bermotor. Saat ditemukan tubuh penyu diikat dan ditutupi terpal plastik. Dan rencananya hendak dijual seharga Rp600 ribu.

“Setelah berhasil diamankan, penyu itu kemudian kami lepaskan kembali ke laut. Disaksikan bersama pihak lanal, komunitas, dan para nelayan,” ujar Iptu Sormin. (Mora/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *