Bupati Tapteng Lepas 115 Ekor Tukik Jenis Penyu Lekang di Pantai Binasi

  • Whatsapp
Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani Didampngi Bupati, Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul, Ketua DPRD, Khairul Kiyedi Pasaribu dan Ketua DPRD Kota Sibolga Akhmad Syukri Nazry Penarik saat melepas 115 ekor Tukik jenis Penyu Lekang. (Foto: Dok_Istimewa)

SNT, Tapteng – Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani melepas 115 ekor Tukik jenis Penyu Lekang ke laut di Pantai Binasi Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapteng, Sumatra Utara (Sumut), Sabtu (23/1/2021) siang.

Turut hadir mendampngi Bupati, Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul, Ketua DPRD, Khairul Kiyedi Pasaribu dan Ketua DPRD Kota Sibolga Akhmad Syukri Nazry Penarik.

Bacaan Lainnya

115 ekor Tukik jenis Penyu Lekang yang dilepas liarkan itu merupakan hasil penangkaran kelompok konservasi Penyu Pantai Binasi.

“Penyu Lekang merupakan salah satu dari tujuh spesies Penyu langka di Dunia. Enam dari tujuh spesies Penyu langka di Dunia ini berada di Indonesia, antara lain Penyu Belimbing, Penyu Hijau, Penyu Pipih, Penyu Sisik, Penyu Tempayan, dan Penyu Lekang,” kata Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani di sela-sela pelepasan.

Kepada masyarakat nelayan serta kepada semua pihak, Bakhtiar berpesan agar menjaga, dan melestarikan keberlangsungan hidup Penyu ini, karena saat ini terancam punah.

“Saya berpesan kepada kita seluruhnya, baik masyarakat, nelayan, dan pihak manapun agar menjaga dan melestarikan keberlangsungan hidup Penyu. Jangan sampai penyu ini punah,” ujarnya.

Baca Juga: Gajinya Habis untuk Gaya Hidup Istri, Suami Nekat Bakar Diri

Orang nomor satu di Tapteng itu mengungkapkan, bahwa manfaat Penyu sangat baik dalam menjaga ekosistem laut.

“Terima kasih kepada kelompok konservasi Penyu Pantai Binasi, dan seluruh pihak yang telah bekerja dengan baik dalam melestarikan keberlangsungan hidup Penyu di Kabupaten Tapanuli Tengah ini,” ucap Bupati.

Hadir juga mendampingi Bupati, Pimpinan dan Anggota DPRD Tapteng, para Pimpinan OPD, Camat Sorkam Barat, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Sorkam Barat, serta Kelompok Penangkar Penyu. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *