Pangdam I/BB Buka Karya Bakti Terpadu di Karo

  • Whatsapp
Foto: Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Danrem 023/KS, Kolonel Inf Tri Saktiyono , serta Mewakili Gubsu Foto Bersama Usai Penyerahan Bantuan. (Foto: Penrem023)

SmartNews, Karo – Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dan Danrem 023/KS, Kolonel Inf Tri Saktiyono, membuka secara resmi Karya Bakti Terpadu kerjasama Kodam I/BB dengan BPBD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di wilayah Kodim 0205/TK, Senin (21/10/2019).

Dalam sambutannya, Pangdam I/BB mengatakan, karya bakti difokuskan pada sasaran fisik berupa rehab rumah masyarakat sebanyak 50 unit, rehab sekolah SDN 043951 Kecamatan Simpang Empat dan rehab SDN Selandi.

Bacaan Lainnya

Sedangkan sasaran non fisik berupa sosialisasi mitigasi bencana alam kepada masyarakat dan wisatawan, penanganan terapi psikologis akibat bencana alam khususnya kepada anak-anak, dan bakti sosial pemberian bantuan tas dan alat tulis dan seragam sekolah kepada siswa/i di Kabupaten Karo sebanyak 100 paket.

Bantuan sembako 100 paket, pupuk pertanian 100 zak dan bantuan kursi roda 7 unit serta sosialisasi/penyuluhan lainnya sesuai kondisi di wilayah Kabupaten Karo.

“Kegiatan karya bakti terpadu ini bertujuan untuk memberikan bantuan dan solusi kepada masyarakat akibat terdampak erupsi Gunung Sinabung secara komprehensip bersama Pemda Karo serta instansi terkait lainnya,” ujar Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS. Fadhilah dalam sambutannya pada saat pembukaan karya bakti di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang empat, Karo.

Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Karo, juga segenap unsur Forkopimda yang telah menyambut kedatangannya bersama rombongan ke daerah Karo.

“Kepada Gubernur, BPBD Provinsi Sumatera Utara dan segenap panitia atas upaya dan kerjasama yang telah ditunjukkan, sehingga acara pembukaan karya bakti TNI terpadu yang kita laksanakan hari ini dapat terselenggara dengan baik,” ucap Pangdam.

Pangdam menyampaikan, kegiatan karya bakti TNI terpadu yang dilaksanakan ini merupakan bentuk kerjasama antara TNI dengan pemerintah daerah dengan menggabungkan program karya bakti TNI dengan program rehabilitasi dampak erupsi Gunung Sinabung yang merupakan program BPBD Provinsi Sumut.

“Peristiwa bencana erupsi Gunung Sinabung ini telah berlangsung sejak tahun 2013 dan telah memberikan dampak yang merugikan kita semua. Kondisi saat ini sudah semakin aman. Mari kita doakan, bermohon kepada Allah SWT agar ke depan lebih aman lagi. Kita tahu dampak yang terjadi telah menimbulkan kerugian yang tidak sedikit berbagai sarana dan prasarana umum, pemukiman, pendidikan, pertanian mengalami kerusakan, aktivitas kehidupan sehari-hari terganggu bahkan menimbulkan korban jiwa,” katanya.

“Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya mengajak kita semuanya untuk terus bangkit, bersama-sama membangun dan menyelesaikan persoalan secara tahap demi tahap. Kali ini TNI hadir bersama-sama dengan pemerintah daerah melalui kegiatan karya bakti TNI terpadu,” sambung Pangdam.

Dikesempatan itu, Pangdam I/BB juga berpesan kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial dengan selalu selektif dan berfikir secara jernih sebelum menyebarkan sebuah berita.

“Karena saat ini banyak berita-berita bohong (hoax) yang beredar yang dapat mengganggu ketentraman kita, persaudaraan kita dan keamanan kita,” pungkasnya. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *