oleh

Penampakan Proyek ‘Siluman’ di Desa Sihasto Parlilitan

SmartNews, Humbahas – Diakhir tahun 2019, proyek siluman menunjukkan penampakan di jalan Balai Desa, Desa Sihotang Hasugian Tonga (Sihasto), Kecamatan Parlilitan, Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, tepatnya di samping balai desa.

Pasalnya, meski pekerjaan itu sudah berlangsung hampir tiga minggu akan tetapi, belum dilengkapi dengan papan informasi (plank proyek).

Pembangunan saluran yang diduga kegiatan milik salah satu dinas di daerah itu diduga sengaja dibiarkan tanpa plank proyek oleh pihak rekanan agar luput dari pengawasan publik.

Salahsatu pekerja bermarga Siringo mengaku bahwa, kegiatan itu benar merupakan kegiatan salah satu dinas tertentu. Akan tetapi, dia tidak mengetahui dinas apa persisnya pemilik kegiatan tadi.

“Benar, ini proyek Pemkab. Tapi, saya tidak tau proyek ini dinas mana yang punya. Saya hanya disuruh marga Simanullang untuk mengerjakan. Jadi, masalah papan proyek, saya tidak mengerti,” ujarnya di lokasi pekerjaan, baru-baru ini.

Sementara itu, Ketua Pemuda Pancasila (PP) PAC Parlilitan, Solo Sihotang yang juga warga jalan balai desa menyesalkan situasi tersebut. Menurutnya, hal tersebut merupakan salahsatu upaya menutupi transparansi kegiatan dimaksud agar terhindar dari pengawasan publik.

Baca Juga :
Jelang Natal dan Tahun Baru, Jalan Dolok Sanggul-Baktiraja Waspada Longsor

Dia mengatakan bahwa, hal itu juga menandakan pengawas (PPK) kegiatan tidak pernah turun ke lapangan untuk memonitoring.

“Sepertinya hal seperti ini sudah membudaya pada Pemkab saat ini. Papan informasi ditempel saat pekerjaan sudah ranpung,” kata Solo.

Menurutnya, papan informasi sangat dibutuhkan pada setiap pekerjaan yang menggunakan uang negara. Hal itu adalah bentuk transparansi agar dapat diakses oleh masyarakat maupun oleh pihak-pihak yang berkpompeten, sehingga masyarakat mengetahui siapa yang mengerjakan, waktu, volume dan sumber dana pekerjaan tersebut.

“Karenanya, kita berharap, PPK-nya segera turun ke lokasi dan mendesak pihak rekanan untuk bekerja sesuai dengan kontrak yang sudah dibuat,” ujarnya.

Untuk diketahui, papan proyek adalah salah satu bentuk transparansi dan berada pada urutan pertama di dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya).

“Esensinya untuk transparansi. Di RAB, itu urutan pertama, yakni mobilisasi dan persiapan,” ujar salah satu ASN di lingkungan Pemkab Humbahas yang sudah biasa menjadi PPK pada kegiatan fisik. Dan meminta untuk tidak mencantumkan identitasnya dalam pemberitaan. (and)

Loading...

Komentar