Akses Jalan Dolok Sanggul-Baktiraja Terancam Putus

  • Whatsapp
Foto: Warga Menunjukkan Akses Jalan Dolok Sanggul-Baktiraja Terancam Putus. (and)

SmartNews, Dolok Sanggul – Akses jalan Dolok Sanggul-Baktiraja, tepatnya di kawasan panorama lembah Bakkara, Desa Siunongunongjulu, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terancam putus. Selain itu, akses jalan menuju geosite Bakkara itu, juga terlihat siap menelan korban.

Pantauan SmartNews, Kamis (5/12/2019), bahwa bahu jalan di kawasan panorama lembah Bakkara itu amblas karena tergerus longsor. Titik longsor tersebut sudah membentuk liang ke bahu jalan, sehingga tampak retakan pada badan jalan.

Bacaan Lainnya

Masih di titik longsor, terlihat beberapa tiang pancang yang tidak beraturan dan dipastikan tidak bisa menahan longsor. Tampak juga garis polisi sebagai rambu peringatan kepada pengendara.

Dirno Lumban Gaol (32) pengendara yang melintasi jalan tersebut, kepada wartawan mengaku prihatin titik longsor terkesan dibiarkan dan tidak mendapat perhatian pemerintah. Sebab hingga menjelang akhir tahun 2019, tidak ditemukan tanda perbaikan untuk penanganan titik longsor itu.

“Menjelang akhir tahun 2019, arus mudik dan wisatawan menuju Bakkara dipastikan bertambah. Jika akses jalan ini tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin jalan ini akan lumpuh atau menelan korban. Untuk mengantisipasi hal diatas, kita berharap perhatian pemerintah,” ungkapnya.

Senada juga disampaikan rekannya, Dedi Simbolon. Dia mengatakan bahwa akses jalan menuju obyek wisata Baktiraja butuh perhatian serius dari pihak terkait. Dimana kondisi saat ini, masih banyak titik rawan longsor dan siap menelan korban.

Dedi memang mengakui, kucuran APBD Pemkab Humbahas melalui kegiatan rutin, hampir mengalir tiap tahun untuk perbaikan titik longsor. Ironinya, semakin diperbaiki semakin banyak pula yang terlihat longsor. Pasalnya perbaikan untuk titik longsor hanya terkesan asal-asalan tanpa mengedepankan kualitas proyek.

“Hampir tiap tahun kita lihat penanganan titik longsor di jalan Dolok Sanggul-Baktiraja. Namun masalahnya itu-itu saja. Sebab perbaikan titik longsor tidak dilakukan profesional,” ketusnya.

Terpisah, Kepala BPBD Humbahas, Tumbur Hutagaol kepada wartawan via ponselnya, mengatakan bahwa status jalan Dolok Sanggul-Baktiraja sudah jalan Provinsi. Sehingga penanganan dan perbaikan akan dilakukan dari pembiayaan APBD Provinsi.

“Jalan Dolok Sanggul-Baktiraja sampai batas Taput, SK-nya sudah jalan Provinsi. Namun sejauh ini belum dilakukan penyerahan asset. Mudah-mudahan tahun 2020, melalui dinas PUPR, dilakukan penyerahan asset sehingga pembiayaan unutk perbaikan jalan tersebut dilakukan dari APBD Provinsi,” ujarnya.

Ditanya pembiayaan proyek yang sedang dikerjakan di beberapa titik jalan Dolok Sanggul-Baktiraja, Tumbur menjelaskan, perbaikan tersebut dari Pemkab Humbahas yang sifatnya mendesak.

“Penanganan yang sedang dilaksanakan saat ini, sifatnya mendesak menunggu penyerahan asset ke pihak Provinsi,” pungkasnya. (and)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *