Puncak QRIS Nasional 2020, Virzha Hibur Warga Sibolga

  • Whatsapp
Virzha
Foto: Virzha saat Tampil di Lapangan Simaremare Kota Sibolga, Minggu 15 Maret 2020.

SmartNews, Tapanuli – Artis ibukota jebolan Indonesian Idol season 8, Virzha, tampil melantunkan sejumlah lagu di Lapangan Simaremare Kota Sibolga, Sumatra Utara, Minggu (15/3/2020) malam. Sejumlah lagu hits yang ia nyanyikan sukses menghibur para penonton.

Oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sibolga, sengaja menghadirkan Virzha. Kaitannya dalam rangka puncak Pekan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) nasional 2020.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, pada Minggu (15/3/2020), Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk telah membuka resmi acara QRIS yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga di Lapangan Simaremare Sibolga.

Wali Kota Syarfi Hutauruk mengapresiasi Bank Indonesia yang telah melakukan pekan QRIS.

Ajang ini kata Syarfi Hutauruk sebagai sosialisasi penggunaan atau pembayaran non tunai untuk mempermudah urusan transaksi menjadi lebih efisien.

“Untuk kecepatan pelayanan, dimana-mana sekarang sudah dikembangkan pembayaran non tunai, kemudahan berbagai fasilitas, yang profesional dilakukan oleh perbankan. Kalau pakai tunai, kita harus membawa uang cash, sementara kondisi sekarang, resiko copet, rampok dan kita jadi konsumtif. Bank Indonesia sebagai bank sentral, memberikan panduan kepada seluruh perbankan nasional kita, baik bank swasta maupun pemerintah. Mari kita sosialisasikan ini kepada masyarakat luas,” kata Syarfi dalam sambutannya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Sibolga, Suti Masniari Nasution menjelaskan, QRIS merupakan bagian dari mekanisme sistem pembayaran yang dikembangkan oleh BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), untuk menjawab tantangan inovasi teknologi dibidang sistem pembayaran.

Pihaknya juga berupaya mendorong efisiensi dibidang perekonomian, dengan kata lain QRIS merupakan standarisasi sistem pembayaran yang aman dan efisien.

“Kita menganggap rangkaian dari acara Hari Jadi Sibolga yang ke 320 ini cukup bermakna. Kita berharap ini bisa berhasil, masyarakat kita teredukasi dengan baik, masyarakat kita bisa mengerti bagaimana pentingnya sistem pembayaran untuk kelancaran transaksi untuk mendongkrak perekonomian. Pekan QRIS ini juga dimeriahkan artis Virzha, Mamak Gardam dan Ucok,” kata Suti Masniari Nasution.

Sebelumnya dalam media breafing bersama wartawan, di Graha Nauli BI Sibolga, Rabu (11/3/2020), Suti Masniari Nasution mengungkapkan, bahwa kegiatan ini untuk mendorong agar QRIS lebih dikenal masyarakat sebagai konsumen, pelaku usaha dan seluruh pelaku ekonomi yang membutuhkan pola transaksi yang lebih efektif dan efisien.

“Kita berharap, QRIS menjadi pilihan alternatif transaksi bagi masyarakat. Gaungnya semakin meluas dan menjadi pola hidup baru yang memberikan kemudahan bagi para pelaku ekonomi,” ungkap Suti.

Dia menjelaskan, QRIS merupakan standar QR code yang ditetapkan Bank Indonesia dan berlaku secara nasional.

“Dengan berlakunya QR Code ini, tidak ada lagi QR code lain yang boleh digunakan di Indonesia selain QRIS,” jelasnya.

Hal ini bertujuan untuk memperlancar sistem pembayaran nontunai di Indonesia yang aman dan lancar, mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, dan memajukan UMKM.

Karenanya, QRIS ini dinamai Unggul, yaitu universal, gampang, untung dan langsung. Universal artinya inklusif, dapat digunakan oleh seluruh masyarakat untuk memperlancar pembayaran ritel.

“Dengan QRIS ini, kita dapat beli sayur, bakso, dan kebutuhan pokok lainnya di mana saja, baik di pasar tradisional maupun pasar modern,” tuturnya.

Artinya, pembayaran semakin gampang, karena bisa dilakukan melalui smartphone. Hanya dengan tapping, transaksi langsung terjadi dan diproses pembayarannya, baik melalui uang elektronik, mobile banking (debit) atau dengan kartu kredit, dengan syarat saldonya cukup.

Batas transaksinya, Rp2 juta pertransaksi untuk uang elektronik (UE), sedangkan untuk transaksi menggunakan debit, batasannya sesuai dengan yang ditetapkan bank penerbit kartu.

Kemudian, untung artinya lebih efisien, karena satu QR bisa untuk semua aplikasi. Selain itu, tidak ada biaya yang ditanggung konsumen dalam melakukan pembayaran melalui QRIS.

Langsung, artinya proses transaksi cepat, dana berpindah seketika atau real time. Langsung masuk ke rekening sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.

 

Editor: Syahuan Situmorang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *