Sekolah di Humbahas Diliburkan

  • Whatsapp
FOTO: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.

SmartNews, Tapanuli – Mengantisipasi penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara meliburkan sekolah mulai dari tingkat TK, SD dan SMP di daerah itu, mulai tanggal 19 Maret-1 April 2020.

Demikian disampaikan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor melalui Kadis Kominfo, Hotman Hutasoit kepada wartawan, via ponselnya, Selasa (17/3/2020).

Katanya, bahwa keputusan diatas adalah hasil rapat Pemkab Humbahas dengan Forkopimda di ruang rapat kantor bupati.

Selain meliburkan sekolah, sambungnya, akses masuk di perbatasan di daerah itu diawasi dengan menggunakan Digital Infrared Thermometer Gun di setiap posko yang disediakan pada setiap akses masuk menuju Humbahas.

Menganjurkan penerapan pola hidup sehat (menurut WHO: minum air putih minimal 2 liter per hari, makan sehat dengan gizi seimbang, istirahat cukup, dan olahraga teratur).

Menyediakan hand sanitizer di setiap kantor layanan Pemerintah Kabupaten Humbahas, tempat ibadah, dan tempat pelayanan publik. Melakukan penyemprotan desinfektan di seluruh ruang terbuka publik. Penghentian pertemuan yang mengumpulkan massa hingga waktu yang tidak ditentukan.

Dinas Kesehatan diminta melakukan sosialisasi di setiap Puskesmas mengenai Covid-19 bagi setiap lapisan masyarakat.

“Tujuan dari keputusan ini adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Humbahas,” katanya.

Ditanya apakah di Humbahas sudah ditemukan suspect Covid-19, Hotman mengaku bahwa sejauh ini belum suspect corona di daerah itu. Namun pihaknya berharap kerjasama semua pihak untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Humbahas. (and)

 

Editor: Syahuan Situmorang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *