Baru Sebulan Kerja di Rumah Makan, Pria Ini Gasak Uang Belasan Juta Milik Majikan

  • Whatsapp
FOTO: Tersangka (Baju Merah) Didampingi Kasubbag Humas Polres Sibolga Iptu R Sormin (Duduk).

SmartNews, Tapanuli – Pengusaha Rumah Makan Sari Laut, Mulio Indah Irawan mendatangi Polres Sibolga, Minggu malam (29/3/2020). Kepada Polisi, pria 33 tahun itu melaporkan bahwa uang sebesar Rp12 juta di dalam dompet hilang dari laci.

Warga Desa Brangkal, Kecamatan Kepoh Baru, Kabupaten Bojonegoro itu memiliki usaha rumah makan di Jln Sutoyo Siswomiharjo No 51 Kelurahan Pasar Baru Sibolga.

Bacaan Lainnya

Kepada Polisi, Mulio Indah Irawan mengatakan, bahwa pada Minggu siang (29/3/2020) sekitar pukul 12.00 WIB, istrinya Rohana meletakkan dompet berisi uang sebesar Rp12.320.000 di dalam laci.

Setelah itu pada pukul 14.30 WIB, Rohana mengambil uang sebesar Rp320 ribu dari dompet tersebut untuk membeli ayam dan bebek. Selanjutnya sekitar pukul 17.30 WIB, Rohana beristirahat dari aktivitasnya.

Kemudian sekitar pukul 18.30 WIB, Rohana terbangun dan memeriksa dompet dan uang Rp12 juta yang tadinya disimpan di dalam laci sudah tidak ada lagi. Dia kemudian menanya pekerjanya.

“Seorang pekerjanya kepada Rohana mengatakan bahwa ada pekerja lainnya yang minta rokok serta keluar sebentar. Setelah pekerja itu dicari-cari, tidak diketahui lagi keberadaannya, sehingga saksi dirugikan sekitar Rp 12 juta,” kata Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu R Sormin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/4/2020).

Setelah menerima laporan korban, Kasat Reskrim AKP D.Harahap memerintahkan Unit Opsnal untuk melakukan lidik serta olah TKP. Hasilnya, pada Senin (30/3/2020) keberadaan pelaku diketahui sedang berada di Padangsidimpuan.

“Selanjutnya, Unit Opsnal Polres Sibolga melakukan pengejaran ke Padangsidimpuan. Sekitar pukul 09.30 WIB, tersangka ditangkap di depan salah satu loket transportasi di Padang Matinggi, Kota Padangsidimpuan. Di sana, petugas yang sempat menginterogasi tersangka berinisial YA lias Y (24) mengaku hendak melarikan diri ke kampungnya di Sumatra Selatan,” paparnya.

Tersangka satu anak ini belum pernah dihukum, baru bekerja lebih kurang satu bulan di rumah makan milik Mulio Indah Irawan.

“Setelah tersangka mengambil uang dalam dompet tersebut, dia berangkat ke Kota Padnagsidimpuan. Uang tersebut juga sudah digunakan pakaian, handphone dan emas serta sejumlah kebutuhan tersangka,” tambah Sormin.

“Dari jumlah uang Rp12 juta yang dicuri tersangka, yang tersisa sebanyak Rp1,6 juta,” sambungnya.

Tersangka ditahan di RTP Polres Sibolga diduga telah melakukan tindak pidana mengambil barang milik orang lain, seluruh atau sebahagian dengan maksud untuk memiliki dan melawan hak sebagaimana dimaksud dalam pasal 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman 2 tahun 8 bulan. (pr)

 

Editor: Arif Tri Pujasakti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *