DPRD dan Pemkab Humbahas Duduk Bersama Bahas Penanggulangan Corona

  • Whatsapp
DPRD dan Pemkab Humbahas Duduk Bersama Bahas Penganggulangan Corona.

SmartNews, Tapanuli – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) duduk bersama dengan Pemkab setempat untuk membahas percepatan penanggulangan Corona Virus Disease-19 (COVID-19) di daerah itu.

Sekertaris Daerah Humbahas yang juga ketua pelaksana Gugus Tugas percepatan penanganan penanggulangan COVID-19, Tonny Sihombing kepada wartawan di pelataran gedung DPRD Humbahas, Senin (6/4/2020) mengatakan bahwa menyikapi wabah pandemi COVID-19, pihaknya dari Pemkab setempat sudah melakukan gerak cepat antisipasi penyebaran virus yang pertama kali ditemukan dari Kota Wuhan, Tiongkok itu.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, saat ini pihaknya juga masih rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat atas pencegahan COVID-19. Melakukan pembagian masker, pembagian wedang jahe dari dapur umum penanggulangan COVID-19, penyemprotan desinfektan, pemantauan ODP, pemeriksaan di pintu keluar-masuk Kabupaten Humbahas dan beberapa kegiatan lainnya dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Katanya lagi, dalam penangulangan virus corona ini, pihaknya mengalokasikan dana dari belanja tidak terduga (BTT) APBD Humbahas TA 2020 sebesar Rp 4 miliar.

“Jadi kita maksimalkan dulu dana yang ada untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Humbahas. Kalau tidak memungkinkan akan kita lakukan recompusing anggaran dari setiap OPD,” katanya.

Ditambahkan, bahwa recompusing anggaran dalam situasi darurat bencana sangat dimungkinkan dan itu sesuai dengan arahan Mendagri dalam percepatan penaggulangan penyebaran virus corona.

“Recompusing anggaran maksudnya menarik kembali anggaran dari setiap OPD yang tidak mungkin lagi dilakukan atas wabah pandemi corona. Jadi dana itu akan maksimalkan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” pungkasnya.

Sementara, ketua DPRD Humbahas Ramses Lumban Gaol saat ditanyai sejumlah wartawan mengatakan kedatangan pihak eksekutif ke gedung DPRD untuk duduk bersama dalam membahas penanggulangan wabah COVID-19 yang sudah menyebar cepat ke semua penjuru.

Katanya, dalam penganggulangan pencegahan penyebaran Corona ini pihaknya perlu kerjasama dan melibatkan semua stakholder yang ada.

“Kita tadi membahas gerak cepat dan langkah apa yang perlu diambil dalam mencegah virus corona,” ujarnya.
Disinggung siapa saja wakil rakyat yang hadir dalam pembahasan penganggulangan corona itu, Ramses mengaku bahwa rapat tersebut diwakili unsur pimpinan dan ketua fraksi lembaga DPRD.

“Fraksi itu adalah alat DPRD yang bisa menampung dan mengusulkan aspirasi di lemaga DPRD. Jadi yang hadir tadi hanya ketua Fraski,” tukasnya.

Ditanya lagi terkait anggaran penganggulangan COVID-19, sejauh ini kata Ramses pihaknya belum membahas anggaran.

“Kita tadi belum ada membahas anggaran untuk penanggulangan COVID-19. Hanya sebatas koordinasi dan membahas bersama langkah dan gerak cepat yang akan ditempuh dalam memutus mata rantai penyebaran corona,” kilahnya.

Tapi, kedepan Ramses tidak menutup kemungkinan pihaknya akan membahas anggaran dalam penanggulangan virus corona.

“Melihat situsi dulu. Kalau memang harus membahas anggaran dalam penangglangan virus corona, maka mau tidak mau harus kita tempuh demi kenyamanan bersama,” tandasnya.

 

Editor: Syahuan Situmorang

Laporan: Andy Siregar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *