Penampakan Bupati Taput Berjemur Sinar Matahari Pagi

  • Whatsapp
FOTO: Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dan Prajurit TNI serta Polisi Olahraga Tanpa Menggunakan Baju. Hal ini DInilai Baik Untuk Kesehatan Berjemur di Pagi Hari di Tengah Pandemi COVID-19. (Foto: Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Di tengah pandemi COVID-19, banyak cara yang dilakukan orang untuk menjaga kesehatan. Mulai dari berolahraga, memakai masker, hand sanitizer, berjemur di bawah sinar matahari pagi, dan beragam lainnya.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan juga melakukan demikian. Bahkan, dia mengunggah fotonya sedang berjemur dengan membuka baju.

Bacaan Lainnya

Berjemur pagi baik untuk kesehatan. #Ayo tangkal virus covid Corona 19,” tulis Bupati Tapanuli Utara di akun facebook nya KRAT Drs Nikson Nababan Darmonagoro MSi, Senin (6/4/2020).

FOTO: Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan (Kanan) saat Berjemur di Pagi Hari. (Foto: Istimewa)

Ada beberapa foto yang diunggah di akun facebook nya tersebut, memperlihatkan sejumlah prajurit TNI dan Kapolres Taput sedang melakukan olahraga tanpa menggunakan baju diPE bawah sinar matahari.

Dilansir alodokter.com, pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Di waktu inilah, sinar matahari masih belum terik sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami.

Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Manfaat Pajanan Sinar Matahari untuk Kulit

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Terlebih, kandungan vitamin D ternyata cukup terbatas hanya dari jenis-jenis makanan tertentu saja. Solusi mudah dan praktis di dalam mencukupi asupan vitamin D adalah dengan memanfaatkan pajanan sinar matahari di pagi hari.

Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindarkan tubuh dari penyakit rheumatoid arthritis, tuberkulosis, multiple sclerosis, diabetes tipe 1 dan osteomalacia. Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat mengakibatkan penyakit rakitis.

Selain itu, sinar matahari berperan penting di dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan paparan sinar matahari dapat mengatasi sejumlah kondisi kulit. Sejumlah dokter pun merekomendasikan radiasi sinar UV untuk menangani kulit berjerawat, eksim, sakit kuning, dan psoriasis.

Akan tetapi, terapi radiasi sinar UV ini mungkin tidak dapat untuk semua penderita. Konsultasikan hal ini dengan dokter ahli kulit terkait.

Meski demikian, sebaiknya hindari berjemur pada kisaran pukul 10.00-16.00 karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit. Sebagai perlindungan, gunakan topi, pakaian lengan panjang, celana panjang dan kacamata anti UV yang meminimalkan terpaparnya kulit terhadap sinar matahari. Disarankan juga untuk menggunakan payung atau berlindung di bawah atap ketika matahari sedang terik-teriknya.

Tips Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Selain itu, lindungi kulit Anda dari efek buruk terik sinar matahari dengan penggunaan produk pelindung sinar matahari.

Salah satunya dengan menggunakan produk lotion yang mengandung sun protection factor /SPF.

SPF memberitahu pengguna tentang seberapa lama kulit dapat terpapar sinar UV sebelum terbakar jika dibandingkan tidak menggunakan lotion SPF.

Sebagai contoh, jika dibutuhkan 150 menit hingga kulit terbakar menggunakan lotion SPF, dan hanya 10 menit tanpa lotion SPF, maka SPF lotion tersebut adalah 150:10 = 15 menit. Lotion akan memberikan perlindungan terhadap sinar matahari sebesar 97 persen pada SPF 24, dan perlindungan 98 persen pada SPF 50 ke atas.

Lotion SPF juga disarankan untuk digunakan ketika menggunakan lotion pemutih badan. Dianjurkan mengonsultasikan dengan ahli kulit sebelum menggunakan handbody pemutih. Berikut ini tips yang bisa membuat

Anda lebih nyaman dan aman berjemur di bawah sinar matahari.

• Gunakan lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung setidaknya SPF 24 atau di atasnya.
• Aplikasikan lotion SPF antara 20-30 menit sebelum keluar rumah. Hal ini dilakukan agar tersedia cukup waktu untuk kulit menyerap lotion dan bekerja efektif.
• Perhatikan masa kedaluwarsa produk lotion agar khasiatnya tetap ampuh dan terjamin.
• Simpan lotion SPF di tempat yang sejuk dan terhindari dari sorotan sinar matahari secara langsung.
• Perlu diingat, lotion SPF hanya mampu melindungi kulit dari terik matahari untuk sementara waktu.

Dengan kata lain, jangan sampai lupa untuk mengoleskan lotion kembali setelah beberapa jam jika Anda masih berada di luar ruangan. Disarankan untuk mengulang pemakaian lotion yang mengandung SPF tiap dua jam, setelah berenang, menggunakan handuk dan berkeringat banyak.

Tidak hanya menyehatkan, sinar matahari pagi dipercaya mampu memberikan rasa bahagia. Ini disebabkan oleh lebih banyaknya produksi hormon kebahagiaan yang disebut serotonin. Jadi, jangan takut lagi dengan sinar matahari dan dapatkan keuntungan dari olahraga luar ruangan di pagi hari. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *