Kapal Sandar di Pelabuhan Sibolga, Tapi ABK Tak Boleh Turun

  • Whatsapp
FOTO: Komisi 2 DPRD Sibolga meninjau Palabuhan Cabang Sibolga. (Foto: Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Dalam upaya pencegahan dan penyebaran wabah virus corona (COVID-19), Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori mengapresiasi kinerja aparatur kemaritiman di kawasan Pelabuhan Indonesia Cabang Sibolga.

Pelaksana GM PT Pelindo I Cabang Sibolga, Subianto, kepada pihaknya saat turun ke lapangan bersama anggota Komisi 2 DPRD Sibolga, menjelaskan bahwa setiap kapal diperiksa sebelum sandar di Pelabuhan Sibolga.

Bacaan Lainnya

“Semisal kapal dari Jakarta, Padang dan lainnya. Sebelum sandar, nakhoda dan seluruh ABK diperiksa kesehatannya oleh tim yang terdiri dari KSOP, PT Pelindo dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” ujar Jamil Zeb Tumori, Rabu (8/4/2020).

Proses pemeriksaan kesehatan terhadap nakhoda dan ABK tersebut berlangsung di tengah laut. Setelah itu baru dipersilakan sandar di dermaga pelabuhan, tetapi ABK-nya tidak diperkenankan turun dari kapal.

“Seluruh ABK harus tetap berada di kapal selama mereka sandar di Pelabuhan Sibolga. Jika ada keperluan, mereka (ABK) dapat melapor ke tim yang ada di pelabuhan dan akan dilayani,” katanya.

Koordinator Komisi 2 DPRD Sibolga itu menambahkan, khusus bagi penumpang kapal dari Kepulauan Nias, proses pemeriksaan kesehatan yang dilakukan lebih longgar. Seluruh penumpang diperiksa ketika keluar dari kapal.

Dia mengatakan, upaya yang dilakukan tim aparatur kemaritiman dalam memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19, ini sudah baik dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *