Kabar Baik, Bantuan Sosial Tunai di Sidimpuan Mulai Disalurkan

BANTUAN 1
FOTO: Petugas Kantor Pos Padangsidimpuan saat menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada Warga, Rabu (6/5/2020). (Foto: Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Kantor Pos Padangsidimpuan mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada warga yang terdampak secara ekonomi atas bencana non alam virus Corona (Covid-19), Rabu (6/5/2020).
Bantuan ini merupakan program Kementerian Sosial RI.

“Pada Rabu 6 Mei 2020, BST sudah mulai disalurkan di Kelurahan Wek I sebanyak 130 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Kelurahan Kantin, Kecamatan Padangsidimpuan Utara,” kata Plt Kadis Sosial Kota Padangsidimpuan, Daulat, dalam Press Release diterima SmartNews, Tapanuli, Kamis (7/5/2020).

Bacaan Lainnya

Daulat mengatakan, ada sebanyak 91 KPM yang sudah menerima bantuan tersebut.  “Sedangkan untuk daerah lainnya menunggu giliran,” jelasnya.

Menurutnya, penyaluran BST tersebut sesuai by name by address. “Karena itu, kita masih menunggu release terakhir dari Kemensos untuk validasi, sehingga tepat sasaran dan bila ada yang terlewatkan akan menjadi ranah APBD Provinsi dan Kabupaten / Kota,” terang Daulat.

“Bantuan sosial tunai ini diberikan kepada keluarga yang tidak mampu dan belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Kartu Sembako (BPNT),” tambahnya.

Daulat menyampaikan, besaran BST yang dikucurkan sebesar Rp 600 ribu selama 3 (tiga) bulan, terhitung April, Mei dan Juni.

“Dalam penyaluran bantuan ini, kita kerjasama dengan dengan PT Pos Indonesia, sehingga bila distribusi sudah clear, maka data BST Kemensos sesuai by name by address yang disalurkan dapat diperoleh dan tidak tumpang tindih serta kesimpangsiuran terhadap penyaluran bansos lainnya,” Daulat menambahkan. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *