Panen Sayur di Kantor Bupati Tapteng, Bakhtiar: Saya Terinspirasi Kabaharkam Polri

  • Whatsapp
FOTO: Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani Mangangkat Sayur yang Dipanen. (Foto: Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Ada kegiatan yang tak biasa terlihat di halaman Kantor Bupati Tapteng di Pandan, pada Rabu (27/5/2020).

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati, Darwin Sitompul bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para pejabat Pemkab Tapanuli Tengah, memanen sayur.

Bacaan Lainnya

Tak ketinggalan juga Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Tapteng, ikut berbaur memanen sayur jenis bayam hijau, bayam merah dan kangkung.

Aksi memanen sayur secara bersama-sama ini bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani mengungkapkan, bahwa Pemkab Tapteng sangat mendukung pemerintah dalam ketahanan pangan. Apalagi sudah diingatkan oleh Food and Agriculture Organization (FAO), yaitu Badan Organisasi PBB yang menangani masalah pangan dunia.

“Kita menduga akan ada kelangkaan pangan, sehingga kita melakukan antisipasi dini dalam menangani kelangkaan pangan,” ujar Bakhtiar Sibarani.

Bupati Tapteng Terinspirasi Gerakan Kabaharkam Mabes Polri Menanam Sayur

“Pernah saya melihat gerakan dari Kabaharkam Mabes Polri Komjen Pol Agus Andrianto. Saya melihat di media beliau yang menggalakkan seperti ini. Saya tertarik, dan menurut saya ini juga sangat logis untuk dilakukan. Inilah hasilnya,” ungkap Bupati.

“Apalagi ini merupakan program prioritas nasional dan Kabupaten Tapanuli Tengah,” sambungnya.

Bupati berharap agar masyarakat juga melakukan hal seperti ini. “Sehingga kita tidak perlu lagi ketergantungan sayur dari luar daerah, terutama sayur dan bahan pokok lainnya,” jelasnya.

“Dengan kebersamaan dan kerja keras, saya yakin hal ini Insya Allah akan berhasil. Kegiatan ini sebagai salah satu contoh dan akan terus kita galakkan,” sambungnya.

Bupati Tapteng Minta Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong

Sebagai bentuk kepedulian dan perhatiannya kepada masyarakat, Bupati Bakhtiar ke depan akan mengeluarkan surat ke kecamatan dan selanjutnya diteruskan ke para Kepala Desa dan Lurah.

Tujuan surat itu agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang kosong untuk dapat menanaminya dengan tanaman sayuran dan palawija.

“Kedepannya, kita juga berencana akan menanam jagung dan ubi, karena dari hasil panen yang kita gelar hari ini membuktikan bahwa tanah di Tapteng ini juga termasuk subur,” katanya.

Suasana Panen Sayur di Halaman Depan Kantor Bupati Tapteng.

“Ketika kita mau benar-benar melakukannya, pasti akan berhasil. Jadi kita akan minta agar seluruh kantor pemerintah hingga desa dan masyarakat Tapteng agar melakukan penanaman pangan ini,” harapnya.

Dia juga minta instansi TNI-Polri dan jajarannya agar melaksanakan hal yang sama sebagai contoh ke masyarakat.

“Kita tidak tau kapan Covid-19 ini berakhir, tapi kita juga harus mampu mengantisipasi kelangkaan pangan mulai sejak dini,” jelasnya.

Untuk itu, Bupati Bakhtiar berharap seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah agar turut serta menanam berbagai tanaman pangan untuk menyukseskan program swasembada pangan yang saat ini sedang digalakkan. “Karena tanah di Tapteng kita ini termasuk subur,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Tapteng itu menambahkan, bahwa program ketahanan pangan merupakan program prioritas nasional dan Tapteng.

“Ini sebagai salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat Tapteng agar tidak bergantung kepada produk dari luar daerah Tapteng. Program Ketahanan Pangan ini akan digalakkan secara gencar hingga ke desa-desa yang ada di wilayah Tapteng,” pungkasnya. (pr_snt)

 

Editor: Syahuan Situmorang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *