Gerhana Matahari Cincin Terjadi di Indonesia 21 Juni

  • Whatsapp
FOTO: Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (Foto: Net)

SmartNews, Tapanuli – Pada Minggu (21/6/2020) akan terjadi gerhana matahari cincin. Sebagaimana melansir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs resminya, Indonesia akan mengalami gerhana matahari bersama dengan negara-negara lainnya.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 ini adalah Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, dan Samudera Pasifik.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, bahwa gerhana matahari cincin nantinya juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia, Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara.

Sementara di kawasan Samudera Pasifik dapat mengamati gerhana matahari sebagian. Untuk diketahui, terjadinya gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

Saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. Akan tetapi tidak semua wilayah Indonesia bakal bisa mengamati fenomena gerhana matahari cincin pada 21 Juni nanti.

Gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 yang dapat diamati di Indonesia berupa gerhana matahari sebagian, kecuali di sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian selatan,” demikian keterangan disampaikan BMKG. (dtc_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *