Dengan Cara Ini Bisa Memancungkan Hidung Bayi

  • Whatsapp
FOTO: Ilustrasi Bayi. (Foto: Pixabayi)

SmartNews, Tapanuli – Memiliki hidung mancung tentu menjadi dambaan banyak orang. Namun tentu tak semua bayi yang lahir hingga beranjak dewasa akan memiliki hidung mancung.

Tapi ada cara untuk memancungkan hidung bayi untuk mendapatkan tampilan yang sempurna. Selain operasi di usia dewasa, banyak yang percaya bahwa hidung bisa mancung jika dibentuk saat masih bayi.

Bacaan Lainnya

Untuk memancungkan hidung bayi kerap dilakukan orangtua. Berbagai cara memancungkan hidung bayi akan dilakukan.

Cara memancungkan hidung bayi ini bahkan sudah menjadi kepercayaan turun temurun.

Salah satu cara memancungkan hidung bayi yang populer adalah mencubit lembut dan memijatnya. Akan tetapi apakah efektif cara memancungkan hidung bayi ini?

Menjawab pertanyaan ini bisa mengetahui fakta cara memancungkan hidung bayi. Mengetahui fakta ini juga membuat orangtua lebih berhati-hati dalam menentukan perkembangan bayi.

Di bawah ini fakta mengenai cara memancungkan hidung bayi, sebagaimana dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, pada Minggu(19/7/2020).

Dijelaskan bahwa hidung bayi merupakan salah satu anggota tubuh yang pertama tumbuh selama masa janin.

Untuk diketahui bahwa hidung bisa tumbuh sekitar tujuh hingga delapan minggu usia kehamilan. Di saat akhir kehamilan, sebagian besar elemen dasar hidung sudah terbentuk, namun belum sepenuhnya.

Dan selama persalinan, hidung bayi bisa terdorong ke dalam atau menjadi pesek karena tekanan yang kuat.

So, hidung bayi yang tidak sempurna merupakan kondisi normal selama awal kehidupannya. Hidung akan memiliki bentuk normal seminggu atau lebih lama setelahnya. Seiring bertambahnya usia, hidung akan terus berkembang.

Keseluruhan pembentukan tulang hidung akan berhenti di usia 10 tahun. Pada wanita perkembangan hidung akan berhenti di usia 15-17 tahun, dan pria di usia 17-19 tahun.

Karena struktur hidung yang belum sempurna, bayi mungkin belum bisa bernapas secara teratur. Bayi mungkin mengambil napas pendek dan kemudian menahan napas selama beberapa detik.

Dan bayi juga kemudian bisa menarik napas dalam-dalam. Pernapasan tidak teratur ini biasa terjadi selama minggu-minggu pertama kehidupan.

Pernapasan tidak teratur juga lebih sering terjadi pada bayi prematur. Pada akhir bulan pertama, pernapasan bayi akan lebih teratur. Dengan mencubit hidung bayi adalah metode populer untuk cara memancungkan hidung bayi.

Namun faktanya, belum ada penjelasan ilmiah yang bisa membenarkan cara ini. Tidak ada bukti klinis tentang cara memancungkan hidung bayi yang telah lama dipercaya.

Mencubit hidung bayi, sebaliknya akan mengganggu pertumbuhan hidung selama awal kehidupannya.

Pada bulan awal kelahiran, jembatan hidung pada bayi akan mulai tumbuh. Mencubit, menekan, atau memberi pijatan sembarangan akan memengaruhi pertumbuhan jembatan hidung ini.

Di kasus yang ekstrem, mencubit hidung bayi bisa menimbulkan cedera. Mencubit hidung bayi akan meremas otot-otot dan memberikan tekanan yang tidak perlu. Cara ini berisiko melukai anak atau membuat cacat pada akhirnya.

Tidak itu saja, menyentuh hidung bayi dengan tangan yang kotor atau belum dibersihkan akan menimbulkan iritasi atau gangguan pernapasan.

Setelah mengetahui fakta cara memancungkan hidung bayi, sudah sebaiknya orangtua tidak perlu memercayai cara memancungkan hidung secara alami.

Inilah cara memancungkan hidung bayi yang umum diketahui namun tidak terbukti kebenarannya secara ilmiah:

Pijatan

Sejak dahulu cara ini banyak dilakukan dengan melakukan pijatan pada hidung bayi diharapkan saat dewasa nanti hidung bayi akan terlihat lebih mancung.

Ini adalah cara memancungkan hidung bayi dengan pijatan:

– Siapkan minyak esensial – Oleskan minyak esensial pada tangan – Pijat bagian pangkal sampai ujung hidung bayi secara perlahan.

Mencubit hidung

Banyak yang merekomendasikan cara memancungkan hidung dengan mencubit hidung secara rutin. Tapi, seperti dijelaskan sebelumnya, cara ini tidak terbukti secara ilmiah bisa memancungkan hidung.

Inilah caranya:

– Cubit perlahan bagian hidung dengan jari telunjuk dan ibu jari – Cubit dengan ringan agar tidak menimbulkan iritasi – Praktekkan sebanyak 3 kali dalam 1 hari.

Selain dilakukan saat bayi, memancungkan hidung juga banyak dilakukan orang dewasa. Tapi, cara-cara ini juga belum terbukti secara ilmiah bisa memancungkan hidung.

Inilah cara untuk memancungkan hidung orang dewasa yang populer diketahui:

Mengurut tulang hidung bagian atas. Mengurut tulang hidung bagian atas bisa dilakukan secara rutin kapan pun dan dimana pun.

Inilah cara memancungkan hidung dengan mengurut tulang hidung bagian atas:

– Atur posisi jari manis dan jari tengah menjadi vertikal – Posisikan di bawah mata – Gerakkan jari untuk melakukan pijatan dari tulang pipi menuju tulang hidung bagian atas – Gerakkan selama 15 menit.

Menggunakan alat pemancung hidung

Saat ini banyak dijual alat pemancung hidung yang bisa digunakan. Tapi, cara ini juga belum terbukti bisa memancungkan hidung.

Inilah cara memancungkan hidung dengan alat pemancung hidung:

– Siapkan alat pemancung hidung yang telah dibeli – Gunakan sesuai dengan cara yang tertera pada produk

– Gunakan secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal. (Liputan6.com_SmartNews)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *