Mayjen TNI Richard Tampubolon Dilantik Jadi Dankoopssus TNI, Pernah Menjabat Danrem 023/KS

  • Whatsapp
Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon resmi menjabat Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI. (Foto: Tangkapan Layar)

SmartNews, Tapanuli – Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon resmi menjabat Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI.

Hal ini ditandai dengan pelantikan yang dilaksanakan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1497/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

Richard Tampubolon merupakan orang kedua yang menjabat sebagai Dankoopssus TNI. Satuan baru di TNI yang dibentuk pada 30 Juli 2019 lalu.

Sebelumnya, jabatan Dankoopssus dijabat oleh Brigjen TNI Rochadi, yang kini menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Sebelum diangkat sebagai Dankoopssus, Richard Tampubolon menduduki jabatan sebagai Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kaskogabwilhan I) selama tujuh bulan.

Selama meniti karir di dunia militer, abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 ini beberapa kali menduduki jabatan strategis. Di antaranya, Kasdam VI Mulawarman, Danrem 023/Kawal Samudera, Danrindam VI/Mulawarman.

Richard Tampubolon juga pernah menduduki jabatan penting di satuan elit TNI AD yakni, Pabandya Lid Sintel Makopassus, Danyon 11/Group 1 Kopassus, Wadangroup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus pada 2014, Dangroup 2 Kopassus, Dangroup 3 Kopassus hingga Wakil Danjen Kopassus pada 2017 lalu.

Selama bertugas di Kopassus, suami dari Eka Mey Selly ini juga banyak mengemban tugas militer dan non militer.

Berbagai palagan juga telah dijalaninya. Salah satunya operasi di Timor-Timor pada 1998. Richard juga pernah menjabat sebagai Komandan Sub Kontingen Sea Games XXXVI di Palembang 2011.

Kepada SINDOnews usai pelantikan terkait tugas barunya sebagai Dankoopssus TNI, perwira tinggi bintang dua ini irit bicara dan hanya menjawab terima kasih. “Trims bro,” ucapnya singkat. (sn_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *