Viral Toilet Transparan, Cek Lokasinya

  • Whatsapp
FOTO: Dok_Istimewa.

SmartNews, Tapanuli – Viral dengan adanya toilet umum transparan. Bagaimana ceritanya?

Dilansir Kompas.com, Sabtu (22/8/2020), toilet tersebut adanya di Jepang. Ini merupakan desainer warga Jepang yang meluncurkan inovasi baru.

Bacaan Lainnya

Jika anda misalnya hendak menggunakan toilet ini, akan menjadi tidak transparan, sebab dinding kacanya jadi buram.

Arsitek kenamaan Jepang, Shigeru Ban mengungkapkan, inovasinya ini dimaksudkan agar orang-orang bisa cepat tahu toilet itu sedang dipakai atau tidak.

Hal lain, pengunjung juga bisa langsung mengetahui apakah toilet bersih atau kotor. Karena toilet umum identik dengan jorok dan bau.

Toilet umum yang unik ini terletak di Taman Mini Yoyogi Fukamachi Tokyo dan Taman Komunitas Haru-no-Ogawa.

Toilet umum transparan di Taman Komunitas Haru-no-Ogawa kacanya berwarna hijau dan biru agar menyatu dengan dedaunan di sekitarnya.

Sedangkan toilet di Taman Mini Yoyogi Fukamachi berwarna oranye, merah muda, dan ungu untuk memeriahkan pemandangan di taman bermain itu.

Desainnya menggunakan teknologi kaca pintar yang mengubah dinding jadi buram saat pintu terkunci.

“Ada dua hal yang kami khawatirkan ketika memasuki toilet umum, terutama yang terletak di taman,” kata Ban di situs web proyek yang dikutip Daily Mail, Selasa (18/8/2020). “Pertama adalah kebersihan, dan yang kedua adalah apakah ada orang di dalam,” lanjutnya.

Toilet umum transparan di Taman Mini Yoyogi Fukamachi Tokyo dan Taman Komunitas Haru-no-Ogawa, Jepang, kacanya akan jadi buram saat ada orang di dalamnya.

“(Ini) menggunakan teknologi terbaru, kaca eksterior menjadi buram saat dikunci.” “Ini memungkinkan pengguna memeriksa kebersihan dan melihat dari luar apakah ada yang menggunakan toilet.”

“Di malam hari toilet ini menerangi taman seperti lentera yang indah.”

Fasilitas baru ini menggantikan dua toilet umum lawas dekat Taman Yoyogi di Shibuya. Toilet ini terdiri dari tiga bilik terpisah, masing-masing untuk pria, wanita, dan penyandang disabilitas. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *