Satgas Toilet Indonesia Dibentuk, Apa Itu?

  • Whatsapp
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, membentuk Satgas Toilet Indonesia. (Foto: dok_ist_kompas)

SNT – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, membentuk Satgas Toilet Indonesia.

Satgas ini bakal bekerja di seluruh obyek pariwisata di Indonesia. Langkah ini diambil demi menjaga kebersihan toilet, dan secara tidak langsung menjaga reputasi pariwisata Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Satgas toilet Indonesia yang kami gagas merupakan konsep dari penyiapan destinasi wisata tidak hanya dari sisi infrastruktur yang terlihat tapi juga dari fasilitas penunjang berupa toilet,” kata Sandiaga Uno, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (7/2/2021).

Baca Juga: Kenapa Sepeda Motor Disebut Kereta di Sumut?

Sandiaga mengaku sudah melihat di beberapa destinasi pariwisata mulai membentuk sendiri satgas toilet.

Karena itu, Kemenparekraf akan menyerahkan kepada komunitas masing-masing untuk menjalankan satgas toilet dengan seragam cokelat.

Dia menyebut mereka sebagai pasukan cokelat untuk membentuk menciptakan destinasi wisata yang bersih, sehat, dan aman.

“Jadi saya nanti akan jadi Chief Toilet Officer, jadi nanti saya punya Deputi Satgas Toilet di setiap destinasi pariwisata di Indonesia. Ini yang kita harapkan untuk dijaga dan dirawat betul toiletnya sesuai dengan standar bermutu untuk menerima pariwisata mancanegara dan lokal,” tutur Sandiaga.

Baca Juga: Showroom Honda Garuda Sibolga Terbakar

Ia menambahkan, Satgas Toilet di destinasi wisata harus bermula dari gerakan masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat, dan hasilnya akan dinikmati masyarakat.

Sandiaga meyakini, jika pariwisata di wilayah mereka meningkat, tentunya akan mendongkrak kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Jadi kita sudah lelah apabila setelah memasarkan destinasi pariwisata yang datang wisatawan melihat toilet kotor sehingga dapat mempengaruhi reputasi pariwisata Indonesia menjadi tidak kondusif. Kita harus perbaiki sistem pengelolaan toilet di daerah wisata untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama pariwisata di Asia,” terang Sandiaga.

Baca Juga: Awalnya Tak Percaya Corona, Wanita Ini Menyesal Kena Batunya Tertular saat Hamil

Katanya, toilet merupakan indikator untuk melihat dan menggambarkan apakah sektor pariwisata sudah siap naik kelas dengan standar wisata internasional atau belum.

“Saya mengajak seluruh pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk sama-sama ikut membentuk Satgas Toilet di masing-masing destinasi pariwisata. Harus di cek kondisi toilet nya layak atau tidak, air bersih nya lancar, dan tentunya harus selalu dijaga kebersihannya,” Sandiaga Uno menambahkan. (kompas/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *