Ini Hasil Penyelidikan Puspomad Terkait Viral Mobil Dinas TNI Dipakai Sipil

  • Whatsapp
FOTO: Tangkapan Layar Twitter.

SmartNews, Tapanuli – Hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad) terkait video viral warga sipil diduga menggunakan mobil dinas TNI AD, terungkap bahwa mobil tersebut disebut bukan kendaraan dinas organik.

“Bahwa benar kendaraan Toyota Fortuner warna hijau army nomor registrasi 3688-34 adalah nomor registrasi Puspomad, namun kendaraan tersebut bukan merupakan kendaraan organik Puspomad,” ujar Komandan Pusat Polisi Militer TNI AD (Danpuspomad) Letjen Dodik Widjanarko dalam keterangannya, Sabtu (3/10/2020) dilansir detikcom.

Bacaan Lainnya

Rupanya, mobil dinas tersebut saat ini statusnya dipinjampakaikan kepada purnawirawan TNI AD.

“Dari hasil pemeriksaan pendahuluan, nomor registrasi kendaraan tersebut dipinjampakaikan kepada Kolonel Cpm (Purn) Bagus Heru Sucahyo mulai 2017 sampai dengan saat ini atas permohonan dari yang bersangkutan,” jelasnya.

Letjen Dodik juga mengatakan bahwa pemberian izin pinjam pakai kendaraan dinas bagi purnawirawan tak melanggar peraturan. Tapi kendaraan dinas tersebut tidak boleh digunakan pihak yang tak berhak.

“Perlu diketahui bagi para purnawirawan polisi militer masih diberikan izin pinjam pakai nomor registrasi untuk digunakan dalam batas waktu dan kapasitas tertentu tetapi tidak boleh digunakan oleh orang lain yang tidak berhak,” katanya.

Lanjutnya, bahwa warga sipil yang mengendarai mobil tersebut telah diperiksa dan mobil tersebut sudah diamankan pihak Puspomad.

“Kendaraan Fortuner pelat dinas nomor registrasi 3688-34 warna hijau army yang dikendarai oleh masyarakat sipil atas nama Saudara Suherman Winata alias Ahon, yang seharusnya mereka mengerti bahwa kendaraan tersebut tidak berhak mereka gunakan,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, video mengenai mobil yang mirip kendaraan dinas TNI AD dipakai orang sipil beredar di medsos.

Dalam video berdurasi 2 menit 8 detik yang beredar, tampak mobil dinas jenis SUV tersebut berpelat nomor 3688-34.

Pelat nomor yang dipasang di mobil berwarna hijau tua tersebut terlihat seperti pelat nomor dinas. Saat direkam video, mobil tersebut terparkir di sebuah warung makan. Namun belum diketahui lokasi pasti video ini diambil.

Si perekam lalu mendatangi pria yang ada di dalam warung makan Padang. Pria pemilik mobil itu mengenakan kemeja putih dan celana pendek. Si perekam sempat menanyakan soal kepemilikan mobil dan identitas pria berkemeja putih tersebut.

Pria berkemeja putih mengatakan mobil tersebut miliknya dan sempat mengaku dirinya anggota TNI aktif. Tapi belakangan dia meralat pernyataannya setelah diminta menunjukkan kartu tanda anggota (KTA) TNI. (dtc_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *