Lapas Sibolga Komit Berikan Pelayanan Maksimal kepada Pengunjung dan Warga Binaan

WhatsApp Image 2021 11 22 at 18.24.53 1
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Sibolga berkomitmen memberikan pelayanan semaksimal agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

SNT – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Sibolga berkomitmen memberikan pelayanan semaksimal agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

Kalapas Tapianus A Barus melalui Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Klas IIA Sibolga, Rian Firmansyah menjelaskan pihaknya membentuk dua pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat .

Bacaan Lainnya

“Pelayanan tersebut berupa pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), dan pelayanan keluar yang berhubungan dengan masyarakat luas, seperti keluarga warga binaan, tamu dan lainnya,” ujar Rian, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, salah satu bentuk pelayanan ke luar tadi, erat hubungannya dengan kegiatan kunjungan keluarga dan penitipan barang. “Seiring berjalannya waktu, Lapas Sibolga terus melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan kunjungan dan penitipan barang,” jelas Rian.

“Namun demikian, penitipan barang diperbolehkan dengan tetap mengikuti standar protokol kesehatan demi keselamatan bersama,” sambungnya.

Rian mengungkapkan, Lapas Sibolga sejatinya berkapasitas 332 orang, namun kini dihuni lebih dari 1.100 orang WBP. Hal ini tentu berimbas kepada jumlah keluarga WBP yang ingin menitipkan barang. “Mengantisipasi hal tersebut, beberapa hal telah dilakukan seperti menyusun jadwal kunjungan dan titipan barang, mengatur alur kunjungan dan titipan barang serta membuat jadwal piket petugas kunjungan,” jelasnya.

Untuk loket kunjungan dan penitipan barang, lanjut Rian, dibuka mulai Senin sampai dengan Jumat pukul 09.00-11.30 WIB, dan pukul 13.30-15.00 WIB. “Dalam menitipkan barang dan makanan, keluarga warga binaan diberi batasan, hal ini dilakukan guna menghindari masuknya barang-barang terlarang,” ungkap Rian.

Selain itu, Rian juga menjelaskan bahwa WBP Lapas Sibolga setiap harinya mendapatkan jatah makan tiga kali sehari, dengan lauk bervariasi seperti daging, ikan, telur, sayur serta tambahan extra fooding. “Makanan warga binaan kita diolah langsung di dapur Lapas Sibolga yang telah bersertifikat Laik Hygiene Sanitasi Jasa Boga,” kata Rian. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *