Jokowi Segera Tindaklanjuti Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya

  • Whatsapp
Bupati Taput Nikson Nababan (Kanan) saat bincang-bincang dengan Presiden Joko Widodo.

SNT, Taput – Presiden Joko Widodo menyatakan mendukung pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara) di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara (Sumut)

Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Bupati Taput, Nikson Nababan saat bincang-bincang singkat setelah Jokowi tiba di Bandara Internasional Silangit, Siborongborong, Kabupaten Taput, dalam agenda kerja ke sejumlah daerah di Sumatera Utara, Rabu (2/2/2022).

Bacaan Lainnya

“Beliau sangat menyambut baik. Mendukung (pendirian Untara) dan Bapak Presiden menyatakan akan segera menindaklanjutinya,” ungkap Nikson Nababan kepada awak media.

Nikson menjelaskan bahwa rencana pendirian Untara di Kabupaten Taput sudah lama bergulir dan mendapat dukungan dari berbagai berbagai pihak.

“Karena dengan berdirinya nanti Untara, maka akan memacu kualitas SDM yang berkualitas dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi makro dan mikro masyarakat Tapanuli Raya secara khusus Tapanuli Utara,” ungkapnya.

Dalam bincang-bincang singkat itu, Bupati Nikson kepada Presiden Jokowi juga menyampaikan usulan terkait pentingnya pembukaan jalan strategis nasional yang menghubungkan Tapanuli ke Pelabuhan Sei Mangke Labuhan Batu melalui Kecamatan Garoga, Taput untuk mempercepat akses transportasi perekonomian masyarakat Tapanuli Raya, sehingga tidak perlu lagi melalui Belawan arus keluar masuk barang ke Tapanuli.

Bupati Taput Nikson Nababan memyambut Presiden Joko Widodo di Bandara Internasional Silangit.

“Kalau akses tersebut nanti dibangun, maka akan memotong waktu kurang lebih 5 jam dari pada ke Pelabuhan Belawan Medan. Bidang bidang lain juga saya sampaikan, tetapi yang menjadi prioritas dulu yang akan beliau atensi. Mari kita dukung dan doakan bersama,” ujar Nikson.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja selama tiga hari di sejumlah daerah di Sumut, termasuk Parapat, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Humbahas dan beberapa daerah lainnya. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *