Jalan Penghubung Tiga Kecamatan di Taput Tertimbun Longsor

  • Whatsapp

SNT, Taput – Akibat hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara, sejak Senin (14/3/2022), mengakibatkan Jalan Propinsi Penghubung Kecamatan Siborongborong-Kecamatan Sipahutar, tepatnya di Dusun Urat Ni Huta, Desa Huta Bulu, terputus total.

Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung melalui Kasi Humas, Aiptu Walpon Baringbing mengatakan tebing gunung yang longsor menutup badan jalan mencapai 30 meter dengan ketinggian tanah diperkirakan hingga satu meter.

Bacaan Lainnya

“Kejadian longsor tersebut Selasa (15/3) dini hari, dan hingga saat ini jalan tersebut masih belum bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat ke atas,” kata Walpon Baringbing dalam keterangan tertulis.

Namun saat ini alat berat dari UPT Bina Marga Propinsi Sumatra Utara masih bekerja membersihkan material longsor.

“Mengingat bahwa jalan tersebut sangat dibutuhkan oleh kepentingan umum menuju tiga Kecamatan yaitu Sipahutar, Kecamatan Pangaribuan dan Kecamatan Garoga, pihak Bina Marga bekerja dengan ekstra saat ini di lapangan,” jelasnya.

“Dan saat ini kondisi jalan yang tertimbun longsor tersebut sudah mulai bisa dilalui kendaraan dengan satu arah sistim buka tutup. Sejumlah petugas dari Polres Taput dan Polsek Siborongborong masih berjaga-jaga di lokasi untuk mengatur kelancaran lalu lintas,” Walpon menambahkan. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *