Bupati Bogor Ditangkap KPK, Kaget Lihat Isi Garasinya

  • Whatsapp

SNT – Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin dan auditor Badan Pemeriksaan Keuangan Jawa Barat, terjaring operasi tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga anti rasua itu juga menyita sejumlah bukti.

“KPK sedang melakukan giat tangkap tangan di wilayah Bogor, Jawa Barat. Kami telah mengamankan beberapa pihak, dan sejumlah uang serta barang bukti lainnya,” kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron dalam keterangannya, Rabu (27/4/2022).

Bacaan Lainnya

Mengutip bhayangkari.or.id, politisi perempuan yang menjadi pimpinan tertinggi di Kabupaten Bogor itu merupakan istri seorang polisi, Aiptu H Yanwar Permadi. Dia terpilih menjadi Bupati di Kota Hujan tersebut pada Pilkada 2018 lalu.

Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu sebelumnya adalah anggota DPRD Bogor selama dua periode, sejak 2009. Berkat karirnya yang cukup cemerlang di dunia politik, kehidupan wanita kelahiran 1968 itu terbilang sejahtera.

Hal itu terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), tercatat saat Ade Yasin mencalonkan Bupati pada 2019 kekayaan yang dikantonginya mencapai Rp4,711 miliar. Kemudian pada 2020 angka itu menurun menjadi Rp3,768 miliar.

Berkaca pada harta kekayaannya di tahun lalu, aset terbesar yang dimilikinya tanah dan bangunan senilai Rp2,290 miliar. Sedangkan isi garasinya cukup bikin kaget, sebab ada salah satu mobil yang kerap digunakan para lelaki untuk off road.

Ade memiliki 3 unit kendaraan roda empat, dan satu unit sepeda motor dengan total Rp430 juta. Salah satu koleksi mobilnya yang menyita perhatian adalah Daihatsu Feroza, dengan tipe penggerak dua roda buatan 1995 seharga Rp65 juta.

Di Indonesia mobil SUV pesaing Suzuki Jimny tersebut diproduksi pada 1993 sampai 1999 dengan mesin 1.600cc SOHC dengan pengabutan karburator. Namun pada tahun lalu Feroza tersebut telah dijual, begitu pun dengan Mazda 2 lansiran 2010, dan motor Kawasaki Edge 2012. Karena berdasarkan data LHKPN periode Maret 2021, kendaraan yang terparkir di garasi rumahnya hanya ada dua unit mobil.

Kedua mobil tersebut adalah Mitsubishi Xpander tipe tertinggi, yaitu Ultimate buatan 2019, yang ditaksir Rp200 juta.

Diketahui mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle bermesin 1.500cc itu sudah dimilikinya sejak dua tahun lalu.
Sedangkan mobil terbarunya adalah BMW 320i buatan 2016 yang harganya mencapai Rp435 juta. Sedan rakitan lokal tersebut dipersenjatai mesin bensin 1.998cc turbo dengan tenaga 184 daya kuda, dan torsi 290 Nm. (viva/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *