Bupati Tapteng Serahkan Bantuan Perikanan Rp2,6 Miliar

WhatsApp Image 2022 04 27 at 01.28.30

SNT, Tapteng – Selain menyerahkan bantuan Rp1 miliar kepada abang becak, Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menyerahkan bantuan perikanan senilai Rp2,6 miliar yang diterima para kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Tapteng, Senin (25/4/2022) lalu.

Bantuan yang diserahkan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,5 miliar, dan APBD Pemkab Tapteng sebesar Rp 1,1 miliar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.

Bacaan Lainnya

Adapun bantuan yang diberikan berupa saranan dan prasarana budidaya/pembesaran ikan laut, seperti keramba jaringan apung. Kemudian, bantuan sarana dan prasarana produksi pakan mandiri seperti mesin pencetak pakan.

Baca Juga: Baru Dimasa Kepemimpinan Bupati Bakhtiar, 515 RTLH Dibangun di Tapteng

Ada juga bantuan sarana budidaya ikan tawar berupa paranet/waring, Hi blow, kakaban, tangguk dan timbangan.
Selain itu, bantuan induk ikan air tawar seperti nila, ikan mas gurami dan lele, untuk pembudidayaan juga diberikan.

Tidak ketinggalan bantuan sarana bioflog untuk pembudidaya ikan air tawar berupa bioflog, keranjang, pelet, tangguk, dan terpal ditambah bantuan sarana pendukung kegiatan penangkapan ikan berupa fish finder, coolbox, dan lampu panel surya juga diberikan Bupati Tapteng.

Baca Juga: Jabatan Bupati Tapteng Berakhir 22 Mei 2022, Bakhtiar Ahmad Sibarani Sampaikan Hal Ini

Mesin kapal (genset) untuk perahu/kapal penangkapan ikan lebih kecil dari 5 GT beserta perlengkapannya juga diberikan dan mesin kapal perikanan ukuran 13 PK. Bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan seperti jaringan ikan aso-aso dan kepiting juga diberikan.

Selain bantuan kepada nelayan, Bupati Bakhtiar juga menyerahkan bantuan pertanian melalui Dinas Pertanian Tapteng, berupa Combine Harvester yang berasal dari DAK senilai Rp 421.930.000. Bantuan benih sumber bagi penangkar berupa benih bawang merah dan benih padi sawah di IPDMIP juga diberikan Bupati.

Baca Juga: Polres Tapteng Distribusikan BTP Rp1,2 Miliar ke PKL dan Warung

Adapun tujuan bantuan pertanian tersebut kata Bupati Bakhtiar, untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mata pencaharian masyarakat perdesaan melalui peningkatan nilai pertanian beririgasi secara berkelanjutan.

Sementara sasaran yang hendak dicapai dengan bantuan tersebut yakni, peningkatan ketahanan pangan, sumber daya manusia (SDM), produktivitas, layanan pertanian dan peningkatan pendapatan pertanian, jasa keuangan, serta kesetaraan gender.

Turut mendampingi Bupati Tapteng menyerahkan bantuan, Wakil Bupati Darwin Sitompul, Wakil Ketua DPRD Tapteng, Willy Saputra Silitonga, Sekdakab Tapteng, Yetty Sembiring, Staf Ahli Bupati, Asisten, dan para Pimpinan OPD Pemkab Tapteng. (snt/ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *