Polisi Gencar Sosialisasi Penanggulangan PMK di Humbahas

  • Whatsapp

SNT, Humbahas – Meskipun masih nihil kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara, namun polisi terus gencar melakukan sosialisasi penanggulangannya dengan menemui peternak hewan.

Kapolres Humbahas, AKBP Achmad Muhaimin, mengatakan sosialisasi yang dilakukan personelnya itu adalah ciri-ciri PMK pada hewan ternak, yaitu demam tinggi, keluar lendir berlebihan dan berbusa, luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak mau makan, pincang, luka pada kaki diakhiri lepasnya kuku, sulit berdiri, gemetaran, nafas cepat dan produksi susu menurun.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu personel kita mengimbau masyarakat peternak hewan apabila menemukan jenis penyakit tersebut pada ternaknya agar segera berkordinasi dengan perangkat desa masing-masing, maupun kepada kepolisian untuk kita teruskan ke Dinas Peternakan Kabupaten Humbang Hasundutan,” kata AKBP Achmad Muhaimin kepada awak media, Selasa (26/7/2022).

Kapolres juga mengimbau peternak agar selalu rutin memeriksa kesehatan hewan peliharaannya kepada dokter hewan.

“Masyarakat juga kita imbau agar tidak panik terhadap wabah PMK pada hewan. Wabah ini tidak menular kepada manusia,” ungkapnya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *