DPRD Sumut Desak Penanganan Jalan Longsor di Humbahas

  • Whatsapp
Jalan Provinsi di Humbahas terancam putus. (dok_and)

SNT, Humbahas – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Viktor Silaen mendesak pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Binamarga dan Bina Konstruksi untuk segera melakukan penanganan dan perbaikan ruas Jalan Provinsi yang tergerus longsor di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Desakan itu disampaikan Viktor saat dimintai tanggapannya melalui selulernya, Sabtu (13/8/2022).

Bacaan Lainnya

Anggota Komisi D dari Fraksi Golkar ini menambahkan, bahwa ada beberapa titik longsor pada ruas Jalan Provinsi yang menghubungkan Kabupaten Humbang Hasundutan-Tapanuli Tengah. Namun saat ini, yang lebih parah terdapat di perlintasan Desa Arban Kecamatan Onanganjang. Jika tidak segera ditangani akan berdampak buruk terhadap kelancaran arus lalulintas.

“Selain menghubungkan dua Kabupaten, Humbahas-Tapteng, titik longsor di pada ruas Jalan Provinsi Dolok Sanggul – Pakkat ini merupakan akses utama Kecamatan Onanganjang-Pakkat. Jika tidak segera ditangani akan berdampak buruk terhadap kecancaran arus lalulintas dan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Viktor mengakui, tahun ini, Pemprov telah mengalokasikan lima paket pekerjaan fisik pembangunan peningkatan struktur pada ruas Jalan Provinsi di Humbahas. Namun pada kondisi saat ini, Pemprov hendaknya mengutamakan skala prioritas untuk kelancaran lalulintas. “Titik longsor pada ruas Jalan Provinsi di perlintasan Desa Arban Kecamatan Onanganjang bukan masalah baru lagi. Namun sudah menahun dari tahun ke tahun.

“Untuk itu kita sangat berharap keseriusan Dinas Binamarga dan Binakonstruksi dalam konstruksi pembangunan jalan,” tukasnya.

Foto: Anggota DPRD Sumut, Viktor Silaen. (Istimewa)

Anggota DPRD dari dapil IX Sumut ini juga mendesak UPTJJ Doloksanggul bekerja serius dan melaporkan kondisi jalan di wilayah kerja UPT.

“UPTJJ Doloksanggul merupakan perpanjangan tangan Dinas Binamarga dan Bina Konstruksi Provsu di daerah. Kondisi ini seharusnya segera dilaporkan kepada pimpinan yang lebih tinggi. Jangan menunggu lumpuh (putus) baru dilakukan penanganan,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD lainnya, Irwan Simamora dari Fraksi Hanura dan Pantur Banjarnahor dari Fraksi PDIP justru enggan berkomentar atas kondisi jalan provinsi yang longsor di perlintasan Desa Arban Kecamatan Onanganjang.

Anggota DPRD Provinsi asal Humbahas ini mengatakan, bahwa tahun ini Pemprovsu telah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan struktur jalan di lima ruas Jalan Provinsi di daerah itu.

Kelima ruas Jalan Provinsi itu yakni, ruas jalan Batu Gajah – Pakkat Bharat, ruas jalan Siabaksa Bakkara – Taput, ruas jalan Pakkat-Tapteng, ruas jalan Pakkat – Tarabintang, dan ruas jalan Tarabintang – Parlilitan.

Kepala UPTJJ Dolok Sanggul Anto Ompusunggu melalui Kepala Tata Usaha (KTU), Ganda Tobing kepada wartawan menyampaikan terima kasih atas informasi dari media. Dia mengatakan, titik longsor jalan utama Onanganjang-Pakkat itu akan ditangani tahun depan, (2023). (and)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *