Lanal Sibolga Selamatkan Nelayan Tradisional Tapteng yang Tenggelam

  • Whatsapp

SNT, Sibolga – Personel TNI AL Sibolga selamatkan seorang nelayan tradisional yang tenggelam saat melaut di Teluk Tapian, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara, Selasa (13/9/2022).

Danlanal Sibolga, Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas mengatakan setelah menerima informasi, langsung menugaskan personel untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban.

Bacaan Lainnya

Cahyo Pamungkas menjelaskan, korban bernama Rasmaringan Hutagalung (64) warga Mela I Lorong Aek Labu, Tapteng.

“Korban kita temukan sekitar pukul 08.20 WIB dalam keadaan tak berdaya, dan langsung dievakuasi dibantu nelayan ke Balai Pengobatan Lanal Sibolga, dipimpin langsung oleh Letda Laut (K) dr.Wardi Simatupang,” jelasnya.

Setelah mendapatkan penanganan medis, kondisi korban berangsur membaik, dan diizinkan pulang setelah dijemput keluarganya.

“Kami dari pihak keluarga mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut atas bantuan yang tulus dan respon yang cepat dilakukan oleh pihak Lanal Sibolga sehingga korban berhasil diselamatkan,” ucap Marojahan Hutagalung yang merupakan kakak korban.

Danlanal Sibolga kemudian menerangkan kronologis kejadian korban tenggelam saat melaut. Awalnya, pada Selasa (13/9/2022) pagi pukul 08.00 WIB, korban bersama Marojahan Hutagalung (65) berangkat melaut dengan menggunakan perahu jenis kutuk-kutuk.

Sesampainya di tengah laut, kedua nelayan tersebut singgah di bagan tancap untuk mengambil umpan.

“Disaat keduanya di atas bagan tancap tersebut tanpa disadari perahu mereka lepas terbawa arus laut, kemudian korban Rasmaringan Hutagalung berenang mengejar perahu yang hanyut tersebut mengarah ke tepi pantai pesisir Teluk Tapian Nauli, Tapanuli Tengah,” terang Danlanal Sibolga.

Namun belum sempat meraih perahu tersebut, korban kelelahan dan kemudian tenggelam. “Kakak korban berusaha berenang untuk menolong korban, dan merasa tidak mampu mencapai korban, kakak korban kembali ke bagan tancap dan berteriak minta tolong kepada nelayan yang berada di sekitar TKP, hingga personel kita bersama nelayan berhasil menyelamatkan korban,” jelasnya. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *