Bupati Humbahas ke PPS: Pahami Norma dan Regulasi

Foto: Bupati Humbahas dan forkopimda bersama para anggota PPS se-Kabupaten Humbahas yang dilantik, Selasa (24/1/2023).

DOLOKSANGGUL – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor berharap anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) selaku penyelenggara pemilu menjadi yang terdepan mengetahui dan memahami hal utama, yakni norma dan regulasi. Dengan demikian tidak berimplikasi terhadap hasil yang cacat dari proses pelaksanaan pemilu.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkannya saat pelantikan PPS Pemilu 2024 se-Kabupaten Humbahas di Gedung Tumorang, Doloksanggul, Selasa (24/1/2023). Bupati diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing.

“Jangan sampai anggota PPS tunduk pada tekanan dan pengaruh apapun dan dari pihak manapun. Jalankan kewenangan dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat demi suksesnya pemilu 2024 di Kabupaten Humbang Hasundutan,” katanya. 

Bupati juga menekankan agar anggota PPS mampu bersikap pro aktif dalam pelaksanaan pemilu yang akan datang, sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan aman.

“Salah satu tolak ukur yang sering digunakan dalam keberhasilan pemilu adalah tingkat partisipasi masyarakat. Karena semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, semakin legitimate sebuah pemilu,” ujarnya. 

Menurutnya, pelantikan anggota PPS kali ini menjadi demikian penting dan strategis, terutama dalam penyiapan seluruh personil yang akan terlibat dalam pengyelenggaraan agenda pemilu 2024 mendatang.

“Kita menyakini, pemilu bisa berjalan demokratis jika semua petugas dan elemen yang terlibat di dalamnya melaksanakan tugas, fungsi dan kewajibannya dengan baik serta berkoordinasi dan bekerjasama secara harmonis. Untuk itu, mari kita kembangkan sinergitas yang saling mendukung, dengan tetap berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku,” pesan bupati.

Sementara itu, Ketua KPU Humbahas Binsar Pardamean Sihombing dalam sambutannya menyampaikan agar anggota PPS yang dilantik bekerja fokus.

“Karena bapak ibu yang dilantik sudah memahami setiap tahapan-tahapan pemilu. Jika ada kendala-kendala di lapangan, bapak ibu bisa menyampaikan dan berdiskusi dengan anggota PPK ataupun kepada anggota KPU,” ujarnya. (DS/Mora)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *