Stadion Horas Sibolga akan Jadi Alun-alun Kota

IMG 20230210 164350 scaled

Foto: Coretan di dinding yang menuliskan “Sibolga butuh stadion yang layak”. Sementara itu Pemko Sibolga akan merubah fungsi Stadion Horas Sibolga menjadi alun-alun kota dan membangun stadion baru di Jln Jend Sudirman, Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan.

SIBOLGA – Stadion Horas Sibolga di Jalan Diponegoro, Kecamatan Sibolga Kota saat ini tengah menjadi perhatian publik khususnya warga kota berjuluk “Kota Ikan” itu. 

Bacaan Lainnya

Stadion yang juga lapangan sepakbola kebanggaan itu dalam beberapa dekade ini peruntukkanya selalu berubah, tidak lagi fokus sebagai sarana pembinaan olahraga, bahkan sempat dijadikan tempat relokasi pedagang Pasar Nauli Sibolga saat dalam proses pembangunan baru. 

Sekilas sejarah Stadion Horas pada masa jayanya pernah membawa nama Kota Sibolga ke kancah nasional dalam lawatan sepakbola bergensi di ajang PSSI dan pernah menjadikan Kota Sibolga sebagai tuan rumah laga Divisi I PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Infonesia).

Sejumlah nama pemain sepakbola kelas nasional dan luar negeri pun sempat merumput di stadion ini, seperti Affan Lubis, Mahyadi Panggabean, Sahari Gultom, Jairo Matos dan Claude.

Tahun 1970-an Timnas Indonesia yang diperkuat oleh Iswadi Idris, Ronni Paslah, Anjas Asmaradan Andi Lala juga pernah merumput di Stadion Horas Sibolga dalam rangkaian kunjungan PSSI.

Stadion Horas Sibolga dipastikan tinggal kenangan. Sebab pada tahun 2023, Pemko Sibolga telah menganggarkan dana guna merubah Stadion Horas Sibolga menjadi alu-alun kota, sebagai ruang terbuka hijau.

“APBD TA 2023 telah mengalokasikan dana anggaran untuk merubah Stadion Horas Sibolga menjadi alu-alun kota,” kata Kepala Bapedda Kota Sibolga Juneidi Tanjung menjawab wartawan via telepon, Kamis (9/2/2023).

Menurutnya, Sibolga adalah termasuk daerah tingkat II kabupaten/kota yang memiliki wilayah sangat terbatas termasuk dalam hal ruang terbuka hijau yang memang sangat minim untuk membuat kawasan sosial dan tempat- tempat fasilitas umum.

Selama ini, sambung Juneidi, ruang terbuka yang ada di Sibolga hanya Lapangan Simaremare di Jalan Sutomo. Sehingga diprogramkanlah pada 2023 untuk menambah ruang terbuka hijau tersebut. 

“Pengganti Stadion Horas Sibolga telah disediakan di Jalan Sudirman Sibolga  Kecamatan Sibolga Selatan,” kata Juneidi kepada awak media. (IB/Mora)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *