Proyek Alun-alun Kota Sibolga, Dananya Rp5 Miliar

IMG20230218165800 scaled

Foto: Bagian depan Stadion Horas Sibolga di Jln P Diponegoro.

SIBOLGA – Kadis PUPR Kota Sibolga Arif Rahmat mengatakan Pemko Sibolga mendapat anggaran Bantuan Keuangan Propinsi (BKP) TA 2023 dari Pemprov Sumatera Utara senilai Rp5 miliar untuk membangun alun-alun kota. Alun-alun itu dibangun dengan mengalihfungsikan Stadion Horas Sibolga yang terletak di Jln P Diponegoro.

Bacaan Lainnya

“Dananya sudah ditampung di BKP propinsi,” kata Kadis PUPR Sibolga Arif Rahmat bersama Kepala Bappeda Sibolga Junaidi Tanjung, Kadis Parpora Sibolga Riniwati Pohan dan Kabid Pariwisata Parpora Sibolga Gerhad Simatupang saat diwawancarai wartawan di Ruangan Desk Perkantoran Wali Kota Sibolga di Jalan Sutomo Sibolga, Kamis (16/2/2023).

Menurutnya, pembangunan alun-alun nantinya tidak memakai seluruh lahan yang ada di kompleks stadion, melainkan hanya sebagian. Karena lahan lapangan sepakbola justru akan dibenahi dan ditingkatkan.

“Hanya area mess stadion yang akan dijadikan alun-alun,” sebutnya.

Menyinggung aturan proses alih fungsi sarana olahraga, Arif menambahkan bahwa dalam dokumen rencana tata ruang wilayah (RTRW) kawasan Stadion Horas Sibolga peruntukkannya adalah sarana olahraga. Namun saat ini seiring pembahasan RTRW 2023, area di sekitar stadion sudah diubah menjadi sarana olahraga dan lokasi bisnis.

Lapangan sepakbola akan dialihfungsikan setelah ada lapangan penganti yang rencananya akan dibangun di Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan.

“Setelah lapangan sepakbola penganti ada, baru lapangan sepakbola Stadion Horas Sibolga dialihfungsikan,” katanya.

Senada, Kepala Bappeda Kota Sibolga Junaidi Tanjung menambahkan, rencana alih fungsi Stadion Horas Sibolga bukanlah hal yang baru, melainkan sudah direncanakan dari tahun sebelumnya. Menurutnya, hingga saat ini proses alih fungsi sedang berjalan dengan tetap mengacu pada aturan dan alokasi dana yang tersedia.

“Stadion Horas Sibolga akan dialihfungsikan menjadi alun-alun dan sedang berproses,” katanya. (IB/Mora)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *