Perayaan Hari Jadi Humbahas Diprotes

IMG 20230729 WA0003 1

Foto: Ketua DPC PPDI Kabupaten Humbahas Riant W Marbun.

Bacaan Lainnya

DOLOKSANGGUL – Perayaan hari jadi Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara yang ke-20 tahun 2023 diprotes. Sorotan keras itu dilontarkan oleh Ketua DPC Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (PPDI) Kabupaten Humbahas Riant W Marbun.

Menurutnya, perayaan yang menghadirkan sejumlah artis itu tidak tepat sasaran karena minimnya perhatian dan partisipasi masyarakat. Pun Riant menilai selebrasi terlalu menghamburkan anggaran di tengah sulitnya ekonomi masyarakat.

“Saya menilai Pemkab Humbahas hanya memikirkan kepentingan pribadi, tanpa memikirkan kepentingan masyarakat. Ini memakan biaya ratusan juta untuk acara. Padahal kita sudah ketahui bahwa ekonomi sedang kurang baik akibat dampak pandemi covid-19,” ujar Riant, Jumat (28/7/2023).

Riant juga mengkritik soal undangan dari pemerintah daerah yang tidak melibatkan seluruh lapisan masyarakat, begitu juga dengan organisasi pers.

“Banyak dari masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, insan pers, tidak dilibatkan dalam acara ini, bahkan kami sendiri PPDI tidak dapat undangan secara resmi,” tambahnya.

Ketua DPC PPDI Humbahas menduga bahwa kegiatan tersebut sarat kepentingan politik, menjelang pilkada 2024 nanti. Rian pun menyayangkan anggaran ratusan juta untuk acara hari jadi, sementara diketahui masih ada desa yang belum bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Disinilah kita menilainya dan menduga bahwa hari jadi ini hanya untuk kepentingan pribadi, bukan untuk kepentingan bersama,” tegas Riant.

Hal lain, Riant juga kecewa terkait minimnya perhatian Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor kepada insan pers dan LSM. Padahal Dosmar Banjarnahor sudah hampir menjalani 10 tahun menjabat.

“Sangat miris kita melihat perhatian bupati terhadap insan pers,” tandasnya.

Riant pun mengakui telah mengkonfirmasi hal-hal yang disebutnya itu kepada pemerintah daerah melalui Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Humbahas Makden Sihombing. Melalui pesan wa, Makden menyampaikan perayaan hari jadi berbiaya Rp230 juta. Panitia juga mendatangkan beberapa artis dengan biaya Rp20 juta.

Makden Sihombing, kata Riant, juga meminta maaf kepada masyarakat Humbahas dan kepada insan pers atas kekurangannya yang tidak melibatkan masyarakat dan insan pers dalam kegiatan hari jadi ini. (DS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *