BESTIE QRIS 2024 Menuju Sibolga Smart City Melalui Digitalisasi Sistem Pembayaran

IMG 20240224 WA0025
BESTIE QRIS 2024, Kolaborasi BI dan Pemkot Sibolga.

SIBOLGA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga bersama Pemerintah Kota Sibolga berkolaborasi mengadakan BESTIE QRIS 2024 dengan tema “Sibolga Kota Tacinto Digitalisasi Jadi Tabiaso”.

Kegiatan ini bertujuan untuk terus mendorong dan mengakselerasi digitalisasi pembayaran di Kota Sibolga, dengan mengajak pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga sebagai role model, sekaligus duta edukasi digitalisasi kepada seluruh lapisan masyarakat.

Bacaan Lainnya

IMG 20240224 WA0027

Foto: KPw Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias

Ada tiga agenda utama dalam kegiatan ini yaitu BESTIE QRIS Forum, BESTIE QRIS Fair, dan BESTIE QRIS Challenge, yang diharapkan meningkatkan atensi masyarakat Kota Sibolga pada umumnya dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga pada khususnya terhadap peran penting digitalisasi pembayaran bagi kemajuan perekonomian daerah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sibolga, Yuliansah Andrias menerangkan BESTIE QRIS Forum telah dilaksanakan 11 Desember 2023 berupa High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang rapatnya dipimpin oleh Walikota Sibolga H. Jamaluddin Pohan selaku Ketua TP2DD.

“Pada HLM tersebut telah dihasilkan berbagai strategi dan upaya yang akan ditempuh oleh TP2DD Kota Sibolga. Salah satunya adalah komitmen dari Pelindo I Kota Sibolga untuk melaksanakan Elektronifikasi Pembayaran Digital di Pelabuhan untuk terus mendorong peningkatan penggunaan dan perluasan kanal digitalisasi baik di lingkungan Pemerintah Kota maupun masyarakat Kota Sibolga untuk mencapai Sibolga Smart City,” kata Yuliansah.

IMG 20240224 WA0022

Ia menyampaikan, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan atensi dan pemahaman masyarakat mengenai berbagai kanal digitalisasi yang telah tersedia di Kota Sibolga, maka dihadirkan BESTIE QRIS Fair di Lapangan Simaremare, Sabtu (24/2/2024).

Dijelaskan, dalam kegiatan ini beragam kegiatan meliputi showcasing booth produk-produk digitalisasi Bank Indonesia dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi kanal pembayaran digital berupa Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), dan sosialiasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBPR), serta booth Pemerintah Kota Sibolga, dan seluruh perbankan di Kota Sibolga.

Selanjutnya showcasing booth UMKM binaan Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Sibolga, Pasar Murah sinergi antara Bank Indonesia, Pemerintah Kota Sibolga, dan Bulog dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Sibolga jelang Hari Besar Keagamaan Ramadhan Tahun 2024, serta BESTIE QRIS Fun Walk yang diikuti oleh 1.000 peserta, baik di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga, maupun masyarakat.

Yuliansah Andrias mengatakan, dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengalaman masyarakat dalam bertransaksi menggunakan kanal digital khususnya QRIS, maka diluncurkan program BESTIE QRIS Challenge oleh Bank Indonesia kepada seluruh pegawai Pemerintah Kota Sibolga.

“Diharapkan dengan program ini dapat mendorong percepatan dan perluasan penggunaan transaksi digital pada pelayanan di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga yang secara langsung akan memberikan dampak positif bagi peningkatan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kota Sibolga,” kata Yuliansah.

Ia pun menyampaikan ucapan apresiasi dan terima kasih kepada walikota dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Sibolga atas dukungan yang diberikan selama program BESTIE QRIS 2024, sekaligus mengajak Pemerintah Kota Sibolga, perbankan, dan masyarakat untuk terus mendorong percepatan dan perluasan penggunaan kanal transaksi digital khususnya QRIS di wilayahnya melalui program-program ETPD.

IMG 20240224 WA0033

Pemerintah Kota Sibolga yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Yusuf Batubara menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bank Indonesia Sibolga atas peran dan dukungannya dalam membantu digitalisasi di Kota Sibolga.

“Kami berharap sinergi yang telah terjalin baik selama ini antara Pemerintah Kota Sibolga dengan Bank Indonesia dapat terus ditingkatkan yang salah satunya melalui program BESTIE QRIS 2024. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan perekonomian daerah yang pada akhirnya akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sibolga Smart City,” pungkasnya. (ren/ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *