Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta

IMG 20240527 WA0016
Pj Bupati Tapteng Dr Sugeng Riyanta dihadapan tim evaluator Kemendagri.

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi kinerja Pj Bupati Tapteng, Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH.

Apresiasi ini disampaikan Kemendagri saat Dr. Sugeng Riyanta mengikuti rangkaian evaluasi kinerja penjabat kepala daerah di Gedung Itjen Kemendagri, Jakarta, Senin (27/05/2024).

Bacaan Lainnya

Tim evaluasi dari Kemendagri memberikan apresiasi terhadap upaya Dr. Sugeng Riyanta dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya pada triwulan II masa penugasan sebagai Pj Bupati Tapteng.

Beberapa keberhasilan dalam program pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat juga menjadi poin positif yang disoroti oleh tim evaluasi Kemendagri.

“Penjabat Bupati Tapteng telah menunjukkan komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam memimpin Kabupaten Tapanuli Tengah. Kami melihat adanya perkembangan positif dalam berbagai sektor,” kata salah satu evaluator.

Di samping itu, dalam evaluasi tersebut juga disampaikan beberapa catatan yang perlu diperhatikan dan memaksimalkan kinerja guna meningkatkan efektivitas Pemerintahan Kabupaten Tapteng.

Tim evaluasi menyarankan agar Pj Bupati Tapteng terus melakukan pembenahan dan peningkatan kerja, terutama dalam hal-hal yang masih menjadi tantangan di daerah tersebut.

Evaluasi tersebut melibatkan 5 (Lima) aspek, yakni aspek stunting, inflasi, kemiskinan ekstrim, pengangguran dan aspek penyerapan anggaran.

Evaluator I, Dr. Elfin Elyas, M.Si. (Inspektur III Inspektorat Jenderal), mengapresiasi kinerja dan dedikasi Pj Bupati Tapteng yang dinilai luar biasa, dan telah mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan mengelola sumber daya secara efisien.

IMG 20240527 WA0018

Khusus mengenai inflasi, mantan Penjabat Bupati Tapteng tersebut menyampaikan bahwa telah terlihat tren positif, serta data prognosa kebutuhan dan ketersediaan pangan Januari s/d April 2024, juga telah disajikan dengan baik.

Evaluator II, Muhammad Dimiyati, S.Sos., M.TP (PPUPD Ahli Utama)
Inspektorat Jenderal menyampaikan apresiasi atas progres penyusunan laporan evaluasi kinerja Penjabat Bupati Tapteng triwulan II, dinilai mengalami peningkatan yang lebih baik.

Dia juga mengapresiasi atas peningkatan jumlah warga Tapteng yang tercover JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Evaluator III, Drs. Azwan, M.Si (PPUPD Ahli Utama Inspektorat Jenderal), menyampaikan evaluasi tentang kegiatan unggulan Pemkab Tapteng di sektor Pariwisata, TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dan Pengelolaan Persampahan (khususnya mengenai capaian penanganan persampahan), agar sampah terkelola dengan baik.

Selain itu, Drs. Azwan, M.Si, juga menyoroti tentang jumlah Tenaga Honorer yang masih tersisa sebanyak 3.180 Orang.

Ia menyarankan, jelang Desember 2024, agar Penjabat Bupati Tapteng mencari Way Out (Jalan keluar) bagaimana nantinya nasib tenaga honorer tersebut.

Disarankan juga agar Penjabat Bupati Tapteng mengusulkan kembali formasi baru kepada KEMENPAN-RB (Amanah UU No. 20 Tahun 2023).

Selanjutnya, Evaluator IV, Kusna Heriman, M.H (PPUPD Ahli Utama Inspektorat Jenderal), menyampaikan masukan-masukan evaluasi bidang pendidikan (Muatan Lokal) dan sistem yang telah dibangun (dimiliki) Pemkab Tapteng mengenai kemudahan perizinan.

Selanjutnya, Evaluator V, Wiratmoko, A.k., M.Ak (Auditor Ahli Madya), menyampaikan evaluasi tentang upaya-upaya dalam penanggulangan kemiskinan ekstrim serta upaya penanggulangan Stunting.

Pj Bupati Tapteng menyambut baik hasil evaluasi tersebut dan berjanji untuk terus berupaya meningkatkan kinerja pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para tim evaluator atas arahan dan masukan yang diberikan selama proses evaluasi,” kata Dr. Sugeng Riyanta dihadapan tim evaluator Kemendagri.

Evaluasi oleh Kemendagri ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk peningkatan pelayanan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Tapteng.

Pemerintah daerah dan masyarakat setempat diharapkan terus mendukung langkah-langkah perbaikan yang dilakukan untuk mencapai pembangunan yang lebih baik di masa mendatang. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *