oleh

Pulau Kalimantung, Sepenggal “Surga” di Tapteng

Smart News Tapanuli, TAPTENG – Pagi yang cerah, matahari masih bertengger di atas bukit barisan ketika kapal pariwisata Mursala Indah mulai melaju di antara gulungan ombak di teluk Tapian Nauli di Kab.Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut).

Tiga baling-baling mesin dongfeng berkekuatan 55 PK terlihat berputar kencang mendorong laju kapal meninggalkan riak deras yang bergaris konstan. Garis pantai perlahan mulai terlihat menjauh di belakang.

Sementara rombongan awan biru membentuk harmoni. Tak berapa lama, Pulau Kalimantung Ketek pun mulai terlihat di antara gugusan Pulau Mursala, Pulau Situngkus, Sitaban Barat dan beberapa pulau kecil lainnya.

Pulau Kalimantung ini belumlah tersohor dibanding Pulau Mursala dengan pesona penampakan air terjun yang tumpah langsung ke laut. Atau, Pulau Putri dengan sederet kisah rakyat yang mengikutinya.

Namun, siapa menyangka, Pulau Kalimantung ini adalah sepenggal “surga” yang ada di Negeri Wisata Sejuta Pesona. Belakangan pulau ini semakin sering dikunjungi dan di eksplorasi wisatawan lokal maupun luar daerah.

“Awalnya saya mendengar cerita orang yang sudah berkunjung ke Pulau Kalimantung ini. Tapi setelah melihat sendiri, Pulau Kalimantung memang sangat cantik,” ujar Abdi Hutabarat.

“Panorama alamnya begitu memesona dan masih alami, semoga terus terjaga dan terawat sehingga wisatawan tak bosan berkunjung ke sini,” kata Abdi.

Tak berapa lama, nakhoda kapal membuang jangkar di tepi pantai Kalimantung Ketek yang menyatu dengan Pulau Silabu Na Godang. Riak ombak kecil terlihat berkejaran ikut menyeret pasir putih hingga nampak berkilau cantik bak permata.

Air jernih kebiruan terhampar sekitar satu hektar. Sementara barisan pohon kelapa terlihat menyatu dengan paparan hutan lebat nan hijau.

Kalimantung memang eksotis dan terlihat begitu anggun sejauh mata memandang. Sangat rugi jika tidak memuaskan diri untuk foto selfie dengan beragam latar panorama keindahan alam yang memesona.

Gugusan terumbu karang dipenuhi rombongan ikan hias membayang dibalik air laut jernih yang berwarna hijau kebiruan.

Snorkling pun menjadi pilihan aktifitas yang menarik. Sungguh keindahan alam yang masih “perawan” ini tersaji secara terbuka.

Nah, Anda berminat ke Pulau Kalimantung Na Menek? Destinasi ini hanya dapat dilalui dengan perjalanan laut. Anda boleh menyewa Kapal Wisata. Biaya sewanya variatif mulai Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. (ril)

Komentar