Dinas Kominfo Tapteng Laksanakan Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA

  • Whatsapp
Kominfo Tapteng Laksanakan Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA. Foto: Kominfo.

Smart News Tapanuli, TAPTENG – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) Tapteng melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Aplikasi Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA) bertempat di Gedung Audio Visual SMAN 1 Matauli Pandan, Rabu (14/02/2018).

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakilkan oleh Asisten Administrasi dan Umum Drs. Herman Suwito, MM dan didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Kab. Tapteng Dedy Sudarman Pasaribu, SP membuka secara resmi acara sosialisasi dan bimtek aplikasi PPID dan SaPA tersebut.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum disampaikan bahwa aplikasi ini dibangun sebagai amanat Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), yakni terwujudnya kepemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, dan adanya partisipasi masyarakat dalam berbagai proses perumusan kebijakan publik. Sesuai Rencana Strategis Nasional, salah satu misi dari Nawacita adalah membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

Hal itu jika dikaitkan dengan Peraturan Daerah nomor 5 tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2017-2022, memiliki sinergi dan relevansi pada visi dan misi, yaitu visi “Terwujudnya masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah yang berkarakter, mandiri, berakhlaq dan berkeadilan yang sejahtera, dengan 10 misi, yang diantaranya pada point 1, yaitu menciptakan pemerintahan yang bersih, berwibawa dan inovatif / mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance).

Diakhir sambutannya, Bupati Tapteng menyampaikan kepada seluruh peserta sosialisasi dan bimtek PPID dan SaPA agar benar-benar serius dalam memahaminya, khususnya Sekretaris OPD dan Admin OPD di lingkungan Pemkab Tapteng.

“Saya sampaikan agar para peserta, terutama jabatan Sekretaris di tiap OPD dan Admin Aplikasi PPID dan SaPA dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan kita semua tentang keterbukaan informasi publik. Prinsip dan pengetahuan yang diperoleh dapat dilaksanakan sebagai suatu bentuk pengalaman baru, yang mengarah pada dorongan untuk peningkatan kualitas pelayanan,” ujar Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum.

Adapun sebagai narasumber pada acara ini yaitu Kabid FPPI Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si dengan judul materi Sarana Aspirasi dan Pengaduan serta

Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kemendagri. Selanjutnya, Iwan Sutani Siregar, SSTP, M.Si dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara selaku narasumber kedua dengan judul materi Hubungan PPID dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Undang-Undang Pelayanan Publik.

Setelah acara pembukaan dan sosialisasi, pelaksanaan Bimtek selanjutnya diadakan di Ruang Rapat Guru SMAN 1 Matauli Pandan.

Bimtek ini dipandu oleh instruktur dari Kemendagri yang menyampaikan berbagai materi meliputi Desain sistem penanganan aspirasi dan pengaduan serta pengelolaan dan pelayanan informasi melalui aplikasi SMS Gateway, SaPA, dan PPID.

Selanjutnya, para peserta Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA melakukan simulasi penanganan pengaduan dan aspirasi melalui aplikasi SaPA, simulasi pengelolaan dan pelayanan informasi melalui aplikasi PPID, dan penyepakatan rencana tindak lanjut monitoring dan evaluasi (monev).

Hadir pada acara sosialisasi dan bimtek itu mewakili Kapolres Tapteng, Pimpinan OPD dan Camat se Kab. Tapteng, para Sekretaris OPD, dan Admin/Operator Aplikasi PPID dan SAPA dari seluruh OPD dan Kecamatan se- Kab. Tapteng. (ril).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *