Bila Ingin Hamil Anak Perempuan Jauhi Pisang, Benarkah?

  • Whatsapp
Ilustrasi Makan Pisang. Foto: Istimewa/int.

Smart News Tapanuli – Bagi beberapa pasangan mendambakan anak dengan jenis kelamin tertentu. Kalau sudah memiliki anak laki-laki, Anda dan pasangan barangkali ingin hamil anap perempuan.

Cara yang dianggap dapat menentukan jenis kelamin bayi di dalam kandungan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Bacaan Lainnya

Pisang merupakan makanan yang dipercaya dapat memengaruhi hal tersebut. Benarkah perlu menjauhi pisang bila ingin hamil anak perempuan?

Secara harfiah, kemungkinan memiliki anak laki-laki dan perempuan sama besarnya. Satu kromosom X ibu akan dipasangkan dengan satu kromosom ayah. Nah, di sinilah penentuan itu terjadi.

Kalau kromosom yang diberikan ayah adalah X, maka anak perempuanlah yang akan dikandung. Namun apabila kromosom yang diberikan ayah adalah Y, maka ibu akan melahirkan anak laki-laki.

Penentu jenis kelamin bayi sebenarnya ada di (sperma) laki-laki. Namun sperma pembawa kromosom mana yang akan berhasil membuahi sel telur juga dipengaruhi oleh kondisi vagina pada saat berhubungan.

Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan hubungan antara konsumsi potasium dan sodium dengan melahirkan anak laki-laki. Penelitian tersebut dilakukan di Universitas Oxford, dan Universitas Exeter yang sama-sama berada di Inggris.

Dalam penelitian tersebut melakukan survei terhadap 740 wanita hamil dengan mengamati kebiasaan makan mereka. Penelitian itu menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi banyak potasium dan sodium memiliki kecenderungan melahirkan bayi laki-laki. Satu buah pisang mengandung sekitar 422 mg kalium yang mampu memenuhi sekitar 13 persen kebutuhan harian tubuh.

Penelitian lain yang dilakukan di Universitas Maastrich, Belanda, juga berhasil menunjukkan hubungan pola makan ibu dengan kemungkinan jenis kelamin bayi. Ibu yang mengonsumsi makanan rendah sodium (termasuk garam) dan tinggi kalsium, memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk hamil bayi perempuan.

Kendati demikian, para peneliti tidak menganjurkan ibu hamil untuk diet pisang atau makanan tertentu secara ekstrem. Hal ini bisa membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

Ibu hamil membutuhkan nutrisi seimbang agar bayi di dalam kandungan bisa tumbuh dengan optimal. Jangan sampai hanya karena ingin bayi laki-laki, ibu hamil hanya makan pisang tanpa tambahan nutrisi dari makanan lainnya. (klikdokter)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *