Begini Harapan Masyarakat Sibolga di HJS 318

  • Whatsapp

Sibolga – Puncak Hari Jadi Sibolga (HJS) 318 berlangsung sukses, rangkaian acaranya pun meriah, Senin (2/4/2018).

Pada rapat paripurna istimewa DPRD Sibolga di acara puncak HJS 318 ini, Ketua DPRD Tonny Agustinus Lumbantobing menyampaikan beberapa harapan dari masyarakat kepada Pemerintah Kota Sibolga.

Bacaan Lainnya

“Izinkan kami menyampaikan harapan dari masyarakat. Pertama di bidang kesehatan perlu upaya yang maksimal, untuk mencegah penyakit dengan kampanye hidup sehat usia dini sampai dewasa,” ujar Tonny Agustinus Lumbantobing ketika memimpin sidang paripurna istimewa.

Pihaknya mengaku bangga dengan peningkatan prioritas BPJS dan pembangunan Rumah Sakit Umum Sibolga yang modern dan berharap tenaga kerja kesehatan nantinya dapat memberikan pelayanan manusiawi amanah dan edukatif.

Dia kemudian menyarankan Pemko Sibolga segera melengkapi persyaratan pendidikan yang baik dan melengkapi peralatan dengan IT laboratorium dan perpustakaan yang modern.

Peningkatan kualitas tenaga pendidikan dengan diklat dan memperhatikan kesejahteraan buruh, pemberian beasiswa bagi anak yang berprestasi dan kurang mampu.

“Dengan akses pendidikan biaya murah, maka terciptalah keadilan pendidikan dan tidak diskriminatif, dan yang terpenting mengutamakan kualitas sekolah dan kualitas anak didiknya,” kata Tonny.

Pemerintah diharapkan membantu anak didik yang menguasai ilmu teknologi modern dan tepat guna. Kemudian memprioritaskan kaum perempuan untuk mendapatkan kualitas kesehatan dan pendidikan terbaik.

“Karena merekalah (kaum perempuan, red) yang melahirkan dan mempersiapkan generasi penerus bangsa yang unggul dan berkualitas,” sebutnya.

Harapan masyarakat yang kedua: terbukanya lapangan pekerjaan yang banyak.

“Kami sangat berharap kepada pemerintah untuk menggerakkan roda ekonomi yang baru dan itu dapat dilakukan dengan memberdayakan badan usaha milik daerah dan mengajak pengusaha swasta untuk ikut membuka lapangan pekerjaan baru yang merangsang mereka dengan ide usaha yang baru,” imbuhnya.

Pengurusan izin usaha dipermudah, mengajak investor menanamkan modal usahanya di Kota Sibolga sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang luas, serta mengembangkan usaha mikro kecil menengah serta membantu permodalan kerja yang memadai, dan sebagian ini sudah dilaksanakan Pemko Sibolga.

Harapan masyarakat yang ketiga, Pemko Sibolga mempersiapkan SDM yang andal dan mengharapkan bisa membantu mendata tenaga kerja yang ada di Sibolga dan mencarikan lowongan pekerjaan, menyiapkan sarana pelatihan pekerja yang siap pakai, membuka komunikasi dan bekerja sama dengan perusahaan baik di Kota Sibolga, di daerah lainnya bahkan keluar negeri.

Yang keempat, peningkatan kerukunan yang baik antar masyarakat, pemerintah beserta elemen masyarakat agar mampu mengayomi.

Menciptakan keamanan dengan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengurangi tingkat kejahatan di tengah masyarakat terutama penyalahgunaan narkoba.

Kemudian meningkatkan infrastruktur dan penataan kawasan perkotaan yang modern. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *