Terungkap, Terduga Otak Pelaku Pembongkaran ATM di Taput Ternyata Oknum Satpam

index 1
Humas PT.PLN Area Sibolga, Sumarno (Pakai Kaca Mata). FOTO: Dok.

Tapanuli Utara – Terduga otak pelaku pembongkar Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) didepan UNITA Silangit Siborongborong, Johari Tampubolon (23) telah berhasil diringkus petugas Satreskrim Polres Tapanuli Utara (Taput) dari tempat pelariannya di belakang kantor PLN Balige, pada Sabtu, (7/4).

Pada pemberitaan sebelumnya, Polres Tapanuli Utara dalam keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa Johari sebagai pegawai PLN Balige.

Bacaan Lainnya

Oleh PT.PLN (Persero) Area Sibolga menegaskan, bahwa Johari Tampubolon bukan pegawai PLN Balige, namun dia (Johari, red) hanya sebagai security (Satpam) yang ditugaskan oleh PT.Haleyora Powerindo.

“Johari Tampubolon bukan pegawai PLN di Balige, namun Johari merupakan pegawai di PT.Haleyora Powerindo yang ditugaskan sebagai security di PT.PLN (Persero) Area Sibolga Sub Rayon Balige,” tegas Sumarno, Humas PLN Area Sibolga, Senin, (9/4) kepada Smart News Tapanuli.

Dalam surat keterangan kerja tersangka (Johari, red), diterangkan bahwa pemilik nama lengkap Irwan Johari Tampubolon bekerja sebagai Satpam di PLN Area Sibolga Sub Rayon Balige terhitung sejak tanggal 1 September 2017.

Johari Tampubolon merupakan warga Desa Aek Bolon, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Ia bersama tiga rekannya melakukan pembongkaran ATM BRI didepan UNITA Silangit Siborongborong, pada Sabtu, (7/4) dinihari sekitar pukul 02.15 WIB.

Sebelum menangkap Johari, petugas Satreskrim Polres Taput telah berhasil menangkap satu orang tersangka, Jendro Tampubolon.

Sementara, dua orang pelaku lainnya, yakni Rido Siahaan dan Bangkit Sianipar masih dalam pengejaran petugas.

Diberitakan sebelumnya, aksi pembongkaran ATM BRI didepan kampus UNITA Silangit Siborongborong awalnya diketahui setelah security kampus Unita yang mencurigai keberadaan satu unit mobil yang sedang parkir di depan ATM tersebut.

Kemudian oleh security Unita tersebut menghubungi petugas Polsek Siborongborong melalui telepon genggamnya. Berselang beberapa lama setelah Satreskrim Polres Taput menerima informasi, langsung turun ke TKP.

“Setelah petugas tiba di TKP, ternyata mobil mini bus Avanza parkir didekat ATM, sedangkan didalam ATM ada dua orang. Petugas langsung mengejar komplotan pembongkar ATM tersebut, namun saat itu baru dua orang yang berhasil ditangkap,” jelas Walpon, kemarin.

otak pelaku pembongkaran ATM
Terduga Otak Pelaku Pembongkaran ATM Didepan Kampus Unita Silangit Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Ditangkap Dibelakang Kantor PLN Balige, Sabtu, 7 April 2018.

Menurut Walpon, dari keterangan tersangka, aksi pembongkaran ATM itu sudah direncanakan sebelumnya.

“Pembongkaran ATM itu mereka lakukan dengan cara me Las. Sementara saat melakukan aksinya, pelaku menutup CCTV yang ada didalam ATM,” ungkapnya.

Sambungnya lagi, didalam ATM petugas menemukan sejumlah barang bukti yang dibawa para pelaku, yakni tabung gas elpiji berukuran 3 Kg, Kipas, Las, Lakban, Mancis dan alat-alat lainnya.

Walpon menambahkan, dalam perjalanan menuju Silangit Siborongborong, ke empat pelaku sudah berbagi tugas.

Di TKP tersangka Jendro Tampubolon dan Bangkit Sianipar turun dari mobil dan masuk ke ATM. Sedangkan dua orang temannya berada di dalam mobil .

“Didalam ATM sudah acak-acakan. Dan ATM nya pun sudah dirusak para pelaku,” tuturnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *