Manfaat Kartu ATM Berlogo GPN

  • Whatsapp
Asisten Manajer Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Rupiah KPw BI Sumut Yudha Wastu Prawira.

Parapat – Bank Indonesia terus mendorong perbankan untuk mendistribusikan kartu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang merupakan ekosistem yang menghubungkan instrumen dan kanal pembayaran.

Asisten Manajer Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Rupiah KPw BI Sumut Yudha Wastu Prawira menjelaskan, hingga kini masih ada pemahaman yang kurang tepat terkait integrasi sistem GPN.

Bacaan Lainnya

“Ada yang beranggapan kartu GPN itu diterbitkan oleh BI, kemudian bisa dipakai untuk membayar tol. Pemahaman ini salah,” kata Yudha di acara pelatihan wartawan ekonomi Sumut, di Hotel Inna Parapat, Kamis (15/11).

Dia menjelaskan, kartu ATM berlogo GPN hanya bisa digunakan di gerbang tol untuk top-up (isi ulang) uang elektronik.

Menurut Yudha, GPN memungkinkan transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien.

Ada 3 manfaat integrasi sistem pembayaran nasional, yakni efisiensi ekonomi, penghematan devisa, serta peningkatan kedaulatan sistem pembayaran dalam negeri.

Selain mengedukasi masyarakat, pihaknya juga mendorong perbankan melakukan sosialisasi kepada merchant.

“Masih banyak merchant yang tidak paham cara pakai Electronic Data Capture (EDC), masih mengenakan biaya dan double swipe, itu tidak boleh,” tutur Yudha. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *