oleh

Niko dan Nikmah Juara Duta Pariwisata Tapteng 2018

Tapanuli Tengah – Niko San Pratama Manurung dari Kecamatan Tukka dan Nikmah Inda Putri dari Kecamatan Pandan terpilih menjadi Duta Pariwisata Tapteng Tahun 2018 yang digelar di Ball Room Pia Hotel Pandan, Senin, 30 April 2018 Malam.

Diacara bergengsi pada malam Grand Final Pemilihan Duta Pariwisata Tapteng itu diawali dengan Parade Show dari 20 finalis duta wisata secara berpasangan.

Istimewanya pada grand final itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani hadir sebagai Dewan Juri bersama Wakil Ketua TP PKK Tapteng Ny. Juli Darwin Sitompul, serta Ketua Dewan Kesenian Tapteng, Imam Syafii Simatupang serta Dewan Juri lainnya Aan Degianto Prayogi dan Putri Desy Siburian sebagai Duta Pariwisata Sumut 2016.

Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Duta Pariwisata Tapteng, karena ada sinergitas dengan Visi Misi Tapteng.

“Duta Pariwisata merupakan perpanjangan tangan Pemkab Tapteng mempromosikan dan mengembangkan potensi Wisata Tapteng yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Lanjutnya, Pemkab Tapteng telah dan akan memfasilitasi peningkatan pembangunan kepariwisataan Tapteng, sehingga dapat berkembang dengan baik.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat menciptakan iklim sapta pesona untuk mendongkrak potensi sektor pariwisata yang aman, nyaman, dan memberikan keuntungan ekonomi masyarakat,” sambungnya.

Diharapkan, dengan Pemilihan Duta Pariwisata, dapat melahirkan duta pariwisata yang berbudaya, kreatif, cerdas dan inovatif.

“Duta Pariwisata yang terpilih akan mewakili Tapteng di ajang pemilihan duta pariwisata di tingkat Propinsi Sumatera yang dihelat dalam waktu dekat. Jadi yang kita cari pada malam grand final ini adalah yang memenuhi kriteria sosok yang disiplin, ber etika, punya pengetahuan luas dan mampu berbahasa asing yang menjadi bekal menghadapi pemilihan duta pariwisata Sumut,” ungkapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani Bersama Wakil Bupati Tapteng Foto Bersama Dengan Juara Duta Pariwisata Tapteng tahun 2018.

Kadis Pariwisata Rahmad Jambak dalam laporannya menyampaikan, Grand Final Duta Pariwisata Tapteng Tahun 2018 bertajuk “Melalui Pemilihan Duta Pariwisata Buktikan Keindahan Potensi Wisata Tapteng”.

Pesertanya diikuti 150 orang dari 20 Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah yang dinyatakan memenuhi syarat dan kriteria.

“Dari keseluruhan peserta yang mendaftar, yang lolos pada tahap Karantina dan Grand Final sebanyak 20 orang terdiri dari 10 orang Putra dan 10 orang Putri,” ungkap Rahmad.

Rahmad menambahkan, tujuan pemilihan duta wisata untuk meningkatkan citra pariwisata dan promosi wisata Tapteng. Selain itu, untuk membentuk kepribadian intelektual berpenampilan menawan, dan mencari bibit unggul kalangan generasi muda dalam mewakili Kabupaten Tapteng untuk pemilihan duta wisata di tingkat provinsi.

“Peserta pada pemilihan duta wisata ini berasal dari kalangan pelajar SMA sederajat dan peserta lainnya yang berusia antara 17-25 tahun. Sementara, pelaksanaan acara ini dimulai bulan Maret 2018 yang lalu,” tambahnya.

Puncak malam Grand Final Duta Wisata Tapteng dihadiri oleh Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, mewakili Forkopimda Tapteng, OPD dan Camat Se Kabupaten Tapanuli Tengah, orangtua dari Finalis. Sementara diakhir acara penyerahan piala dan hadiah bagi parra pemenang. (Ren)

Komentar