oleh

Wajah Pasangan Suami Istri Kok Bisa Mirip? Begini Penjelasannya

MUNGKIN Anda pernah melihat wajah pasangan suami istri (Pasutri) begitu mirip, kendati tidak bagai pinang dibelah dua. Hanya saja melihat keduanya seperti ada kemiripan yang begitu kental.

Menurut para psikolog, ternyata ada beberapa alasan yang masuk akal kenapa wajah suami istri bisa begitu mirip satu sama lain. Berikut ulasannya.

Makin Sering Bersama-Sama Makin Mirip Satu Sama Lain

Berdasarkan penelitian psikologis, jika semakin sering pasangan menghabiskan waktu bersama-sama, maka mereka akan semakin mirip satu sama lain. Hal ini karena kebiasaan mereka saling menyatu dan mempengaruhi satu sama lain.

Dari Awal Memang Mencari yang Mirip

Disaat mencari pasangan, kita sering tak menyadari bahwa kita mencari seseorang yang memiliki persamaan dengan diri kita (meski tak harus yang sama-sama persis).

Tidak terkecuali soal wajah dan penampilan. Namun biasanya kita akan melihat seseorang yang memiliki kemiripan dengan kita, itu menarik atau atraktif.

Otak kita memiliki asosiasi tersendiri bahwa hal-hal yang simetris itu menarik. Sehingga, ketika kita melihat seseorang yang punya sedikit kemiripan dengan kita, kita akan mudah jatuh hati padanya.

Untuk diketahi bahwa sebagian wanita bahkan ada yang sengaja mencari pasangan yang mirip dengan figur ayahnya.

Nah, kalau sudah begini, jelas yang dicari adalah yang juga sedikit mirip dengannya. Kalau dari awal memang sudah menemukan yang mirip, maka ketika sudah menjadi suami istri kemiripan itu akan semakin kuat.

Emosi yang Dirasa Bisa Mengubah Karakter Wajah

Psikolog sosial, Robert Zajonc mencetuskan soal konsep social facilitation pada tahun 1965. Konsep itulah yang jadi jawaban kenapa banyak suami istri yang wajahnya bisa mirip satu sama lain.

Otot-otot tubuh bisa berkembang atau berubah sesuai dengan kegunaannya. Sebagai contoh, pasangan yang sering tertawa bersama akan memiliki pola kerutan yang sama di wajahnya. Kalau sama-sama suka mengobrol, maka struktur pipinya akan ikut berubah.

Emosi yang kita rasakan setiap hari bersama pasangan tercinta akan berpengaruh ekspresi wajah yang terpancar. Baik itu emosi marah, stres, cemas, maupun bahagia, semua itu bisa membuat aura wajah berbeda.

Demikian sebagian penjelasan tentang alasan di balik kenapa wajah suami istri bisa makin mirip dari waktu ke waktu.

Nah, lalu Anda sendiri bagaimana? Apakah punya kemiripan khusus dengan pasanganmu?. (sumber: vemale.com)

Komentar