Lagi, Polres Sibolga Tangkap Pengguna Sabu

  • Whatsapp
Tersangka KAS (Baju Merah) Diamankan Bersama Barang Bukti di Mapolres Sibolga.

Sibolga – Petugas Satnarkoba Polres Sibolga, Sumatera Utara menangkap KAS alias KA alias A, Senin, (29/5) sekitar pukul 11.15 WIB di salah satu Gg di Jalan Gatot Subroto, Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Tersangka KAS ditangkap dalam kasus kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu dan daun ganja.

Kapolres Sibolga AKBP.Edwin H Hariandja melalui Kasubbag Humas Iptu.R.Sormin, dalam keterangan tertulis, Selasa, (30/5) mengatakan penangkapan KAS berawal setelah petugas mendapat informasi dari masyarakat yang memberitahukan bahwa ada masyarakat yang memiliki narkoba. Informasi tersebut kemudian diselidiki dan dilakukan pendalaman.

“Sekira pukul 11.15 WIB, berdasarkan informasi yang diterima petugas melihat tersangka melintas di Gg di Jalan Gatot Subroto, Pondok Batu, Sarudik. Petugas langsung mencegat dan menginterogasi serta dilakukan penggeledahan terhadap KAS. Hasilnya, petugas menemukan barang bukti berupa uang jutaan rupiah dan 2 unit Handphone (HP),” ujar R.Sormin.

Sormin menjelaskan, saat dilakukan penggeledahan terhadap KAS, tidak ditemukan barang bukti sabu-sabu. Namun tersangka KAS mengaku, ia menyimpan Bong di rumahnya. “ Cuma bong yang ada dirumah,” kata KAS kepada petugas yang menginterogasinya dilokasi penangkapan.

Mendengar pengakuan KAS, petugas kemudian memboyong tersangka ke rumahnya yang didampingi aparat pemerintahan.

“Setelah dilakukan penggeledahan di dalam kamar tidur dan di lemari pakaian dirumah tersangka, ditemukan barang bukti di duga sabu-sabu seberat 0,1 gram dan ganja dalam bungkusan kecil serta barbut lainnya,” terang Sormin.

Sormin menuturkan, dari hasil pemeriksaan petugas, tersangka mengaku membeli sabu-sabu pada Minggu, (20/5) sekitar pukul 16.30 WIB yang dibeli secara patungan, masing-masing Rp 150.000,- bersama temannya (identitas telah dikantongi), kemudian barang haram itu mereka bagi dua, dan sebagian telah dikonsumsi tersangka.

Kronologis Penangkapan Tersangka.

Pada Minggu, (20/5) pukul 16.00 WIB, tersangka berangkat ke Jalan Murai, Kelurahan Aek Manis Sibolga dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat berwarna putih No Pol: BB 5976 NN untuk menemui temannya (identitas telah dikantongi). Setelah KAS dan temannya bertemu, tersangka mengatakan “Nitip dulu paket Rp 150.000 Ya“. “Tunggulah sebentar aku juga mau beli paket Rp 150.000. Okelah nanti kita bagi,” jawab teman KAS.

Saat itu KAS menyerahkan uang sebesar Rp150.000,- kepada temannya itu, dan sekitar pukul 16.30 WIB, teman tersangka datang dengan membawa sabu-sabu. Teman tersangka pun kemudian membagi dua sabu-sabu tersebut, serta menyerahkan satu bungkus kecil daun ganja yang diberikan secara cuma-cuma kepada KAS.

Selanjutnya tersangka pulang kerumahnya dengan membawa sabu-sabu dan mengonsumsinya dirumahnya sekira pukul 22.00 WIB dengan menggunakan bong botol obat batuk Viks formula 44.

Usai mengonsumsi sabu, tersangka menyimpan alat mengonsumsi sabu itu ke dalam lemari di dalam kamar tidurnya. Dan pada Senin, (21/5) pukul 11.00 WIB, saat tersangka mengendarai sepeda motornya di salah satu Gg di Jalan Pondok Batu, Sarudik, langsung ditangkap petugas.

“Tersangka sendiri mengenal temannya lebih kurang dua minggu, dan mengetahui bahwa temannya bekerja sebagai nelayan di tangkahan Pondok Batu, Tapteng. Tersangka sudah mengonsumsi sabu lebih kurang dua bulan,” jelas Sormin.

Untuk proses hukum selanjutnya, tersangka ditahan di RTP Polres Sibolga, diduga melapas 114 ayat (1) Subs 112 ayat (1) dan pasal 111 ayat(1) UU RI No 35 thn 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.

Berikut barang bukti yang diamankan dari tersangka KAS.

Satu bungkus kecil serbuk kristal putih terbungkus plastik diduga sabu sabu. Satu buah dompet bercorak berisikan 1 bungkus kecil daun ganja. Tiga lembar kertas tik tak terbungkus plastik bening. Dua buah karet dot kompeng, potongan plastik bening. Satu buah botol obat batuk Viks formula 44 menempel pipet plastik bening. Satu buah gunting warna hitam silver. Satu buah timbangan digital warna putih. Tujuh buah pisau lipat kecil.  Tujuh buah pipet plastik bening ujungnya runcing. Satu buah pipet plastik warna ungu ujungnya runcing. Satu buah pipa kaca bekas bakaran sabu. Plastik warna hijau berisikan plastik es mambo. Satu buah kotak rokok Sampurna Mild berisikan 1 batang rokok dicampur ganja dan satu batang rokok Dji Sam Soe. Satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih No Pol: BB 5976 NN. Uang senilai Rp 1.300.000, dan 2 unit HP Merk Samsung. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *