oleh

Giliran Latihan Gladi Posko I 2018 di Kodim 0213/Nias

Sibolga – Korem 023/KS menggelar Latihan Gladi Posko I 2018 di Kodim 0213/Nias di Jl Gomo nomor 35 Kota Gunungsitoli, Nias, Senin (4/6).

Acaranya dibuka Kasilog Korem 023/KS Letkol Inf Joko Suparyanto, mewakili Danrem Kolonel Inf Donni Hutabarat.

Hadir Dandim 0211/TT Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu, Kasi Ops Korem 023/KS Letkol Inf TP Lobuan Simbolon, Dandim 0213/Nias Letkol Reymon Raja Sulung Purba, perwakilan BPBD dan Dishub Nias Kota.

“Latihan Gladi Posko I 2018 ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi,” ujar Joko Suparyanto membacakan sambutan Danrem Donni Hutabarat.

Latihan ini juga menjadi standar penilaian bagi komando terhadap kemampuan satuan yang dihadapkan tantangan tugas ke depan.

“Kesiapan satuan senantiasa dituntut, baik pada tugas operasi militer untuk perang maupun tugas operasi militer selain perang,” kata Kolonel Inf Donni Hutabarat.

Kodim 0213/Nias memiliki wilayah cukup luas berada di kepulauan terluar. Implikasi dari perubahan struktur bumi yang sulit diprediksi dan bencana yang mungkin terjadi adalah gempa bumi dan tsunami.

“Keberhasilan latihan tak hanya ditentukan keseriusan penyelenggara latihan saja, tetapi partisipasi dan kesungguhan peserta latihan menjadi faktor penentu yang penting,” tegas Danrem.

Ia juga menekankan kepada peserta untuk mengikuti semua proses dengan kesungguhan, rasa tanggung jawab dan suasana yang komunikatif.

Manfaatkan latihan ini dengan baik. Jadikan kesalahan dalam latihan sebagai pengalaman dan pelajaran berharga, agar kesalahan serupa tidak terulang pada operasi bantuan penanggulangan bencana yang sebenarnya.

“Perhatikan dan pelihara kesehatan masing-masing, sehingga peserta dapat melaksanakan latihan gladi ini sesuai sasaran dan jadwal,” pesan Danrem.

Jangan terpaku pada pola-pola lama, tumbuhkan semangat berinisiatif, berkreasi dan berinovasi. Jangan membenarkan yang biasa, tetapi biasakanlah yang benar. (snt/penrem 023)

Komentar