oleh

Seorang Polisi Diamuk Massa di Nias Selatan, Berhasil Diselamatkan Warga

Nias – Tiga warga Desa Hilimaniamolo, Kecamatan Luahagundre, mendapat penghargaan dari Kapolres Nias Selatan (Nisel), AKBP Faisal Napitupulu.

Ketiganya Amanat Zebua, Niscaya Saoiyago dan Abadi Saoiyago. Mereka berhasil menyelamatkan seorang personil Polsek Teluk Dalam dari amuk massa, saat hendak menangkap seorang pelaku pencurian.

Faisal Napitupulu mengatakan insiden yang dialami oleh korban terjadi pada Minggu (3/6) malam di Desa Hilimaniamolo, Kecamatan Luahagundre Kabupaten Nias Selatan.

“Saat itu anggota kita Bripda Nurham baru selesai melakukan pengamanan kegiatan pengobatan gratis di Kecamatan Lauhagundre. Pada saat Bripda Nurham hendak pulang, dirinya melihat dua orang yang berboncengan menaiki sepeda motor dan kemudian mengambil helm milik Nurham yang terletak di atas motornya,” ujar Faisal, kemarin.

Saat itu Nurham langsung mengejar kedua pelaku hingga ke Desa Hilimaniamolo Kecamatan Luahagundre.

Kedua pelaku sempat diamankan oleh Nurham. Kemudian Nurham membawa seorang pelaku untuk mencari helm yang telah dibuang, sementara seorang pelaku lainnya dititipkan kepada warga.

Saat menemukan helm miliknya, kata Faisal, Nurham kemudian kembali ke lokasi tempat seorang pelaku yang dititipkan.

“Namun saat tiba dilokasi pelaku sudah tidak ada, dan warga mengatakan bahwa pelaku sudah dijemput oleh keluarga nya. Bripda Nurham yang kesal sempat berteriak namun warga sekitar menyangka Nurham mencaki maki masyarakat,” ujarnya.

Kapolres Nias Selatan (Nisel), AKBP Faisal Napitupulu Menyerahkan Penghargaan kepada Tiga Warga yang Menyelamatkan Bripda Nurham dari Amukan Massa, FOTO: Dok_istimewa.

Warga kemudian mengepung Nurham dan melakukan pemukulan di bagian wajah, leher dan punggungnya.

“Nurham kemudian melarikan diri, masuk ke rumah milik keluarga Amanat Zebua dan meminta perlindungan,” lanjutnya.

Amanat Zebua, kata pria dengan melati dua dipundaknya ini kemudian menghubungi aparat desa dan petugas kepolisian, karena warga sudah mengepung rumahnya dan meminta agar Bripda Nurham dikeluarkan dari dalam rumah.

“Situasi dapat dikendalikan setelah personil Polres Nias Selatan tiba di lokasi dan membawa Bripda Nurham ke Polres,” jelasnya.

Penyelamatan yang dilakukan oleh warga, Faisal Napitupulu mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya yang telah menolong personil Polsek Teluk Dalam dari amukan massa.

“Kita tidak tahu apa yang akan terjadi kepada anggota tersebut jika Bapak dan Ibu tidak memberikan pertolongan. Untuk itu, apa yang diberikan oleh Polres Nias Selatan ini tidaklah sebanding dengan dedikasi dan pertolongan yang telah Bapak Ibu berikan. Kami berharap agar peristiwa ini menjadi langkah awal dari hubungan yang baik antara Polri dan Masyarakat, guna memaksimalkan kinerja Polri di tengah tengah masyarakat,” tandasnya.

 

sumber: tribratanews

Komentar