oleh

TNI Dikerahkan Mencari Penumpang KM Sinar Bangun

Sibolga – Pasca tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba pada Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.15 WIB, pencarian terus dilakukan oleh tim gabungan gabungan TNI-Polri, Basarnas, BPBD Samosir dan Simalungun dengan menggunakan kapal kayu milik organisasi perkapalan Simanindo (OPS) dan KMP Sumut I.

Menurut informasi tertulis dari Penrem 023/Kawal Samudera, Selasa malam (19/6) menyebutkan, korban yang berhasil selamat dalam kejadian tersebut sebanyak 18 penumpang dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia bernama Tri Suci Hadayani (24) warga Aceh Tamiang.

“Untuk korban yang dinyatakan hilang, atau belum ditemukan hingga saat ini berjumlah 94 orang. Hal itu sesuai dengan data sementara pada papan aduan keluarga penumpang seperti yang tertera di Posko,” tulis Kapenrem 023/KS, Mayor Arm Ojak Simarmata.

Kemudian sekitar pukul 10.00 WIB, personil Polres Samosir beserta tim dari Satpol PP Kabupaten Samosir menemukan 1 (satu) buah tas berwarna hitam berikut 1 unit telepon genggam beserta KTP atas nama Maya Oktavianti warga Binjai yang diduga salah satu dari penumpang kapal.

Selain itu, ditemukan juga tiga buah tas berwarna kuning, hitam, abu abu, tali sepanjang 10 meter, 1 helm berwarna coklat, 2 jaket warna hitam dan abu abu, 2 jerigen berwarna biru, 1 topi, 1 tempat sampah dan 1 buah ember berwarna biru beserta potongan jerigen bekas oli diduga dari kapal yang tenggelam.

“Turut juga dalam pencarian tersebut antara lain, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Simalungun JR. Saragih,” lanjutnya.

Dijelaskan, bahwa hingga saat ini jumlah korban belum valid atau belum bisa dipastikan mengingat tidak adanya daftar manifest penumpang kapal KM. Sinar Bangun.

“Hal itu menjadi kendala untuk menentukan jumlah penumpang kapal yang menjadi korban dalam kecelakaan kapal tersebut,” jelasnya.

Menurut Kapenrem, dalam pencarian para korban, pasukan TNI dipimpin Danramil 01/Simanindo, Kapten CZI Roberto Hutabarat langsung ikut melakukan pencarian.

“Ada 30 prajurit TNI dari Koramil 01/Simanindo yang ikut membantu tim gabungan dalam pencarian penumpang kapal yang dinyatakan hilang,” ucapnya. (ril)

Komentar