VIDEO: Raider 100/PS Amankan 987 Gram Sabu dan 158 Butir Ekstasi

  • Whatsapp
Danyon Raider 100/PS dan BNN Sumut memaparkan para tersangka berikut barang bukti sabu 987 gram dan 158 butir pil ekstasi. (foto: ian)

Binjai – Komandan Batalyon (Danyon) Raider 100/PS Letkol Inf Lizardo memastikan sabu 987 gram dan 158 butir pil ekstasi yang diamankan Staf Intel Yon, Provost, dan para personel dipimpin Pasi Intel Lettu Inf Rizqi.

“Dari delapan orang yang diamankan, enam orang di antaranya terlibat dan diserahkan ke BNN Sumut beserta barang bukti,” ucap Danyon Raider 100/PS Letkol Inf Lizardo saat memaparkan hasil tangkapan personelnya, didampingi Kepala BNN Sumut Brigjend Pol M Siregar, Selasa (24/7).

Menurut Lizardo, penangkapan itu berawal dari latihan pemeliharaan Raider materi Raid di Binjai dan sekitarnya.

Setelah latihan, dilaksanakan pembersihan dan pengamanan akhir di daerah latihan oleh Staf Intel Yon, Provost, dan para personel dipimpin Pasi Intel Lettu Inf Rizqi.

Tanpa disangka personel Raider mencurigai sekelompok orang yang melarikan diri dan melompat ke arah sungai tepatnya di belakang sebuah kafe.

Personel Raider langsung mengejar dan mendapati tas yang tercecer. Setelah diperiksa ternyata berisi narkoba jenis sabu seberat satu kilogram. Temuan barang bukti langsung dilaporkan ke panglima.

“Atas atensi panglima yang mewajibkan prajurit untuk melakukan pencegahan dini, maka dilakukan pengejaran terhadap tersangka,” kata Lizardo.

Dari pengejaran dan penyisiran di sekitar daerah tersebut, didapati para tersangka dan berbagai barang bukti, yakni 11 unit mesin Jackpot, 2 buah bong, 130 buah pipa hisap sabu, 9 buah mancis, 2 unit HP, 4 bungkus plastik klip, 19 batang rokok, 2 buah dompet, 3 buah pisau, dan 158 butir ekstasi.

Para tersangka, Sudaryanto warga Tanah Seribu, Rasin warga Pasar V Kecamatan Namutrasi, Langkat, Supendi warga Kampung Kloneng, Usaha Pramaya Tarigan warga Tanah Seribu, Fajar Renaldi warga Kampung Kloneng, dan Irwan warga Tanah Seribu.

“Tersangka dan barang bukti diamankan di Desa Sialangpaku, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang, Selasa 24 Juli,” ujar Lizardo.

Berdasarkan pengakuan seorang tersangka, barang haram tersebut diperolehnya dari WA.

“Kami hanya pemakai,” ucap salah seorang tersangka dari balik sebonya.

Personel Raider Ditembak

Kepala BNN Sumut Brigjend Pol M Siregar mengungkapkan para tersangka sempat melakukan perlawanan terhadap personel Raider.

“Dari lokasi didapati satu butir selongsongan senjata api ukuran 95 mili. Artinya, saat personel Raider melakukan pengejaran, para pelaku memberikan tembakan,” kata M Siregar.

Beruntung, tembakan tersebut tidak mengenai personel. Senjata api yang dibawa pelaku tidak berhasil diamankan.

“Karena kejadiannya dinihari, sehingga senjata api tidak dapat dilihat. Ini masih dalam tahap penyidikan dan akan dikembangkan,” ucapnya.

Dengan gagalnya peredaran sabu hampir satu kilogram ini, sekitar 5.000 anak bangsa terselamatkan.

“Ini bentuk kepedulian kita bersama guna memerangi dan memberantas narkoba,” imbuhnya.

reporter: ian
editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *