Honda Rilis Sedan Terbaru, Siap Tantang Toyota Prius

  • Whatsapp
Honda Clarity PHEV. Photo Source: Autoblog

Smart News Tapanuli – Guna melengkapi jajaran mobil ramah lingkungannya, Honda Motor Co., Ltd akhirnya memasarkan produk anyar Clarity PHEV (plug in hybrid). Mobil tersebut sudah nampak tersedia di diler-dilernya di Jepang sejak Juli 2018.

Sedan yang dapat menampung lima orang penumpang itu sudah dibekali tiga mode berkendara, yakni EV drive, hybrid drive dan engine drive. Jantung pacu yang digendong yakni motor listrik dengan kombinasi mesin bensin empat silinder atkinson-cycle 1.500cc.

Dengan mesin ini, tenaga yang berhasil disemburkan yakni 181,4 daya kuda dan torsi maksimum 315 newton meter. Tanpa mesin bensin, sedan hybrid pesaing Toyota Prius ini dapat berjalan hingga 114,6 kilometer jika baterai dalam kondisi penuh.

Agar tak memakan bagasi, baterai berdaya 17,0 kWh lalu ditempatkan di bawah lantai mobil yang sudah didukung IPU (intelligent power unit). Sementara untuk penempatan tangki bensin, pabrikan asal Jepang ini menempatkannya di bawah bagasi belakang agar kabin tetap luas.

Pengadopsian metode water-cooling yang diusung diklaim dapat mendinginkan baterai lebih cepat. Selain itu, untuk mengisi baterai dari kondisi nol sampai 80 persen mendekati penuh hanya butuh waktu 30 menit.

Seperti dikutip situs resmi Honda, Kamis, 26 Juli 2018. Untuk pengisian bisa dilakukan dengan cepat, karena Honda menyediakan dua colokan yaitu soket dengan ritme pengisian normal dan fast-charging. Jika proses pengisian baterai di tempat umum, Anda bisa berada di dalam kabin sambil menunggu baterai peuuh, di mana AC masih bisa tetap dinyalakan, sistem audio, termasuk pemanas kursi.

Untuk sektor keselamatan, Clarity PHEV dibekali Honda Sensing yang meliputi collision mitigation braking system (CMBS), pedestrian collision mitigation steering system, false start prevention, road depature mitigation system (RDM), traffic sign recognition, lane keeping assist system (LKAS) serta lead car departure notification system dan adaptive cruise control (ACC).

Honda membanderol harga jualnya mulai Rp766,3 juta. Mobil ini ditargetkan dapat terjual 1.000 unit dalam setahun. (viva)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *