Sinyal Kuat Kehadiran Suzuki S-Presso di Indonesia

Suzuki S-Presso. (dok/net)
Suzuki S-Presso. (dok/net)

SNT – Geliat kehadiran mobil murah Suzuki S-Presso ke Indonesia mulai tercium. Diketahui, mobil ini sudah lebih dulu meluncur di India lebih dulu pada 2019 lalu.

Dilansir oto.detik, Minggu (15/8/2021), S-Presso muncul pada website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Dalam pangkalan data kekayaan intelektual terlihat nama S-Presso didaftarkan Suzuki Motor Corporation sejak 25 Maret 2021.

Suzuki S-Presso didaftarkan dengan nomor permohonan DID2021020609. Penamaan S-Presso ditunjukkan untuk berbagai komponen pada mobil, mulai dari suspensi, tangki bahan bakar, kaca spion, rem, tuas transmisi, dan lain sebagainya.

Disinyalir nama tersebut merupakan mobil yang sudah dijual di pasar India, Suzuki S-Presso. Sebuah mobil mungil dengan panjang 3.665 mm, lebar 1.520 mm dan tinggi 1.549 mm sampai 1.564 mm dengan wheelbase 2.380 mm. Mobil ini tersedia opsi velg berukuran 13 inci atau 14 inci.

Sebagai mobil mungil dengan banderol murah, Suzuki S-Presso tak butuh mesin besar.
Mobil ini cuma pakai mesin BS-VI K10B dengan kapasitas 1.000 cc tiga silinder. Mesin yang meminum bahan bakar bensin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 50 kW dengan torsi maksimal 90 Nm.

Ada pilihan transmisi manual 5 percepatan atau automated manual 5 percepatan. Dengan mengusung mesin kecil, Suzuki S-Presso diklaim irit. Konsumsi bahan bakarnya hanya 21,7 km/liter sampai 21,4 km/liter.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, Suzuki S-Presso sudah dibekali dengan dua airbag, ABS dengan EBD, sensor parkir belakang, hingga sistem peringatan kecepatan tinggi.

Harga mobil ini di India tiddak lebih dari Rp 100 juta. Dikutip Carwale, Senin (9/8) Suzuki S-Presso paling murah dijual 439 ribu Rupee atau sekitar Rp 85 jutaan. Sedangkan tipe tertingginya 536 ribu Rupee atau sekitar Rp 103 jutaan.

Direktur Pemasaran 4W Suzuki Indomobil Sales, Donny Ismi Saputra beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa S-Presso memiliki target pasar yang berbeda dengan masyarakat Indonesia.

Jika dilihat sekilas S-Presso memiliki tampilan boxy ala Suzuki Ignis dan Suzuki Karimun. Seperti diketahui, Ignis dan Karimun dijual di Indonesia.

“Apakah produk (S-Presso) itu, nantinya akan kita bawa ke Indonesia kita belum bisa ngomong. Tunggu informasi selanjutnya,” ujarnya beberapa waktu yang lalu. (dtc/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *